> >

Mardani Maming Jadi Buronan KPK, PDIP Pastikan Tidak Ikut Campur Kasusnya

Politik | 27 Juli 2022, 15:46 WIB
Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI), Mardani H Maming. (Sumber: Dok Sekretariat BPP HIPMI)

JAKARTA, KOMPAS.TV - DPP PDI Perjuangan (PDIP) menyatakan tidak ikut campur dalam proses hukum Ketua DPD PDIP Kalimantan Selatan Mardani Maming.

KPK resmi memasukkan Mardani Maming sebagai buronan KPK terhitung Selasa (26/7/2022).

KPK juga telah memberikan surat kepada Bareskrim Polri dan ciri-ciri Mardani Maming yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) KPK.

Baca Juga: Polri Siap Bantu Cari Mardani Maming yang Jadi Buronan KPK

Kepala Badan Bantuan Hukum dan Advokasi Rakyat (BBHAR) DPP PDIP, M Nurdin menjelaskan pihaknya menghomati segala proses hukum yang berjalan di KPK terhadap kadernya.

PDIP, sambung Nurdin, tidak akan intervensi apapun terhadap proses hukum yang dilakukan KPK.  Termasuk memberikan bantuan hukum terhadap Mardani Maming yang kini berstatus buronan KPK.

"PDIP senantiasa menghormati segala proses hukum yang berjalan dan karenanya pula tidak akan melakukan intervensi apapun terhadap proses hukum yang dilakukan oleh aparat penegak hukum manapun termasuk KPK dalam perkara ini," Nurdin dalam keterangan tertulis, Rabu (27/7/2022).

Nurdin meyakini mantan Bupati Tanah Bumbu itu akan kooperatif terhadap panggilan penyidik KPK.

Baca Juga: KPK Rilis Ciri-ciri DPO Mardani Marming, Tersangka Suap IUP di Kabupaten Tanah Bumbu Kalsel

PDIP juga mendorong agar proses penegakan hukum dapat berjalan dalam koridor yang berlaku serta memperhatikan asas praduga tidak bersalah demi tegaknya keadilan.

Penulis : Johannes Mangihot Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU