> >

Politikus Gerindra Komentari Pelonggaran Masker: Masa Transisi

Politik | 18 Mei 2022, 10:29 WIB
Anggota DPR Komisi XI Kamrussamad (Sumber: Dokumen pribadi)

JAKARTA, KOMPAS TV - Anggota DPR RI Fraksi Partai Gerindra Kamrussamad menilai kebijakan pelonggaran penggunaan masker saat ini sudah tepat. Sebab itu menandakan Indonesia sudah dalam masa transisi dari pandemi menuju endemi. 

"Pelonggaran penggunaan masker, terutama di outdoor, merupakan kebijakan yang harus dilihat dalam kerangka transisi menuju endemi covid-19. Di sisi lain, saat ini penanganan covid-19 sudah semakin terkendali. Jadi ini keputusan yang berani dan sudah tepat," kata Kamrussamad kepada Kompas TV, Rabu (18/5/2022). 

Meski begitu, ada sejumlah catatan khusus agar kebijakan ini efektif. Pertama, jangan disikapi secara euforia. Masyarakat tetap harus disiplin dalam menjaga imunitas. 

Baca Juga: Lepas Masker Diperbolehkan, Satgas Covid-19: Pandemi Belum Usai, Ayo Vaksinasi

"Walaupun di luar sudah boleh tidak menggunakan masker, tapi kita bisa menyesuaikan dengan kondisi di lapangan. Jika kiranya di kerumunan, sebaiknya kita tetap siapkan masker," ujarnya. 

Selain itu, kementerian dan instansi terkait harus tetap meningkatkan literasi kesehatan masyarakat. 

"Pandemi covid-19 harus menjadi pelajaran penting bagi kita semua. Karena itu, early warning system terkait situasi serupa yang nantinya muncul, harus tetap disiapkan," ujarnya.

Tak hanya itu, fasilitas kesehatan tetap harus terus dioptimalkan. Situasi terkendali saat ini jangan sampai membuat pemerintah lengah dan kendor untuk terus meningkatkan kualitas layanan faskes. 

"Ke depan, situasinya bisa saja berubah dan kita harus tetap siap antisipasi kondisi terburuk," kata dia. 

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengumumkan pelonggaran aturan menggunakan masker di tempat terbuka dan tak padat orang, Selasa (17/5/2022).

Penulis : Fadel Prayoga Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV


TERBARU