Kompas TV nasional kesehatan

Lepas Masker Diperbolehkan, Satgas Covid-19: Pandemi Belum Usai, Ayo Vaksinasi

Kompas.tv - 18 Mei 2022, 09:05 WIB
lepas-masker-diperbolehkan-satgas-covid-19-pandemi-belum-usai-ayo-vaksinasi
Penumpang Kereta Rel Listrik atau KRL memakai masker. (Sumber: Kompas.com/KRISTIANTO PURNOMO)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah telah mengambil kebijakan untuk melonggarkan aturan menggunakan masker. Masyarakat yang berada di tempat terbuka atau outdoor, kini diperbolehkan tanpa masker, asal tak padat orang.

Presiden Joko Widodo menyebut kebijakan ini diambil dengan mempertimbangkan kondisi penanganan Covid-19 di Indonesia yang terkendali.

Meski sejumlah aktivitas masyarakat di tengah pandemi mulai dilonggarkan, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mengingatkan wabah global ini belum berakhir.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan masyarakat harus terus melanjutkan upaya pencegahan seperti melakukan vaksinasi dan protokol kesehatan.

Baca Juga: Lonjakan Kasus Terduga Covid-19 Makin Menggila di Korea Utara, Kasus Baru Bertambah 232.000

"Faktanya, walaupun pemerintah telah banyak kembali mengizinkan peningkatan aktivitas masyarakat, kita harus tetap melanjutkan upaya vaksinasi dan budaya hidup bersih dan sehat lainnya seperti protokol kesehatan," tutur Wiku dalam keterangan resminya, Selasa (17/5/2022) kemarin.

Upaya tersebut harus terus dijalankan, pasalnya Wiku mengatakan Badan Kesehatan Dunia (WHO) belum menyatakan pandemi Covid-19 berakhir.

"Karena sejatinya pandemi belum dinyatakan secara resmi berakhir oleh WHO," kata Wiku.

Terkait kebijakan melonggarkan aturan bermasker, Wiku mengatakan pemerintah telah mempertimbangkan secara saintis keputusan tersebut.

"Tentunya keputsan ini telah menimbang kasus nasional dan global terkini dan tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian," lanjut Wiku.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan terdapat sejumlah faktor menjadi dasar keputusan pemerintah untuk melonggarkan aturan penggunaan masker.

Baca Juga: Kerap Ditanyakan, Simak Lagi Pernyataan Lengkap Jokowi Terkait Pelonggaran Wajib Masker

Salahs satunya adalah aturan tersebut merupakan awal dari proses transisi dari pandemi ke endemi.

Dalam proses perpindahan dari pandemi menjadi endemi salah satu hal yang paling penting, kata Budi, adalah pemahaman masyarakat bahwa tanggung jawab kesehatan itu ada pada diri masing-masing.

"Yang dilakukan oleh Pak Presiden adalah salah satu langkah untuk memulai secara bertahap bertransisi dari pandemi menuju endemi," terang Budi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.