> >

Cak Imin Sebut Umat Islam Indonesia Harus Jadi Motor Perdamaian Palestina

Politik | 4 Mei 2022, 10:31 WIB
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin soal capres dinilai bisa jatuh seperti Wiranto yang ramai di kelompoknya sendiri (Sumber: Dokumen DPP PKB)

JAKARTA, KOMPAS TV - Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengimbau kepada seluruh umat Islam di Indonesia untuk bisa menjadi motor perdamaian antara Palestina dan Israel. 

Ia mendesak kepada kepada seluruh negara untuk mengakui kemerdekaan Palestina. 

"Kita perlu bersatu. Bersuara keras mendesak PBB. Mendesak negara maju untuk bersikap adil serta mengakui kemerdekaan Palestina," pernyataan dalam keterangan tertulis Cak Imin, Rabu (4/5/2022). 

Baca Juga: Cak Imin Instruksikan Kader PKB, Ulama dan Kiai Dorong Kebebasan Beribadah

Berdasarkan keterangan tertulis itu, perayaan Idul Fitri 1443 Hijriah di Indonesia disambut penuh kegembiraan dan suka cita sebagai selebrasi kemenangan usai satu bulan berpuasa Ramadan. 

Namun, di berbagai belahan dunia lainnya, seperti di Palestina merayakannya dengan penderitaan, kecemasan, dan ketidakpastian.

"Di tengah rasa syukur kita sebagai umat Islam Indonesia dapat menjalankan kita dengan damai di tengah kebhinekaan suku dan agama, kita belum tenang jika saudara-saudara kita umat Islam di negara lain tidak dapat menjalankan ibadah dengan tenang."  

Selain itu, ia menyinggung soal konflik Ukraina-Rusia yang masih berlangsung hingga saat ini. Menurut dia, perang tersebut melahirkan penderitaan bagi umat Islam di kedua negara yang bertikai.

Di Ukraina, terdapat setidaknya 2 juta penduduk muslim dari total 46 juta penduduk Ukraina. Kemudian, ada 200 masjid dan 20 Islamic Center yang menjadi pusat kegiatan umat.

Oleh karena itu, ia mengajak umat Islam Indonesia untuk mengulurkan tangan, memberikan bantuan kemanusiaan kepada para Muslim di Ukraina.

Penulis : Fadel Prayoga Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV


TERBARU