> >

Hari Ini Kapasitas RS Masih Memadai, Kemenkes: Beri Harapan Beban Rumah Sakit Lebih Ringan

Update corona | 8 Februari 2022, 20:56 WIB
Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sekaligus Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Siti Nadia Tarmizi (Sumber: KOMPAS TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Kapasitas rumah sakit secara nasional untuk merawat pasien Covid 19 masih memadai. Namun agar tidak membebanani rumah sakit, pasien tidak bergejala atau bergejala ringan cukup menjalani isolasi di rumah dan tak perlu perawatan rumah sakit.

Data pasien Covid-19 pada Selasa (8/2/2022) menunjukan pasien yang dirawat di rumah sakit masih dalam kapasitas yang memadai yakni 23,86%.

Jumlah ini bahkan lebih rendah dari data Senin (7/2) kemarin yang mencapai 24,77%.

Baca Juga: PPKM Level 3 di Jabodetabek, Bandung Raya, DIY, dan Bali setelah Rumah Sakit Utama "Hampir Penuh"

Menurut Juru Bicara Vaksinasi Covid 19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi, kebijakan merawat pasien sedang, berat, kritis, dan yang memiliki komorbiditas diharapkan mampu meringankan beban rumah sakit dan tenaga kesehatan.

“Hari ini dari data rumah sakit yang kami terima secara nasional per pukul 15.30 WIB, jumlahnya lebih sedikit dari data rumah sakit sehari sebelumnya,” kata Siti Nadia Tarmizi, Selasa (8/2).

Dia mengatakan situasi tersebut memberikan harapan, bahwa beban rumah sakit dapat lebih ringan dan tenaga kesehatan bisa efektif menangani pasien bergejala sedang, berat, kritis, dan yang memiliki komorbiditas.

Baca Juga: Muhammadiyah Siapkan 89 Rumah Sakit Hadapi Lonjakan Omicron

Bahkan menurutnya  apabila pasien tanpa gejala (OTG) atau bergejala ringan bersedia melakukan isolasi mandiri, maka diperkirakan akan mengurangi beban rumah sakit hingga 70 persen,

Siti Nadia juga membeberkan data hingga Minggu (6/2), dari 58 pasien bergejala berat yang dirawat di rumah sakit vertikal Kementerian Kesehatan (Kemenkes) diketahui 60% pasien di antaranya belum mendapat vaksinasi lengkap.

Penulis : Vidi Batlolone Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU