Kompas TV bbc bbc indonesia

PPKM Level 3 di Jabodetabek, Bandung Raya, DIY, dan Bali setelah Rumah Sakit Utama "Hampir Penuh"

Kompas.tv - 8 Februari 2022, 18:30 WIB
ppkm-level-3-di-jabodetabek-bandung-raya-diy-dan-bali-setelah-rumah-sakit-utama-hampir-penuh
Ilustrasi tingkat keterisian tempat tidur rumah sakit atau bed occupancy rate (BOR). (Sumber: Antara)
Penulis : Edy A. Putra

Pemerintah menaikkan level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) menjadi level 3, Senin (7/2). Kebijakan yang sama juga berlaku untuk Bandung Raya, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan Bali.

Kebijakan terbaru itu diumumkan setelah sejumlah rumah sakit utama di Jakarta mulai kembali dipenuhi pasien Covid-19 dengan gejala sedang, berat hingga kritis, seperti yang dipantau BBC News Indonesia.

"Berdasarkan level asesmen, aglomerasi Jabodetabek, DIY, Bali, dan Bandung Raya akan ke level 3," ujar Koordinator PPKM Jawa-Bali, Luhut Binsar Pandjaitan, dalam konferensi pers evaluasi PPKM secara daring (online), Senin (07/02).

Baca juga:

Lapor Covid-19 menyebut dengan kasus terus naik dan tren kematian juga "terus meningkat", inilah fase bahaya terselubung yang menghanyutkan kewaspadaan kita."

"Ditambah asumsi bahwa situasi sudah aman. Sebaliknya, kondisi ini akan mulai terlihat keparahannya ketika penularan kasus baru sudah semakin tidak terkendali dan kapasitas rumah sakit semakin menipis sebagaimana gelombang varian Delta memberikan hantaman keras bagi keselamatan masyarakat," tambah Lapor Covid-19.

Luhut, yang juga Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, mengungkapkan kebijakan menaikkan level PPKM itu bukan karena tingginya kasus, melainkan karena rendahnya penelusuran (tracing) di wilayah-wilayah tersebut.

Sedangkan di Bali, dia mengatakan bahwa kenaikan status ke level 3 akibat jumlah rawat inap pasien di rumah sakit Pulau Dewata itu sudah meningkat.

Luhut juga menyebutkan bahwa kebijakan pelaksanaan PPKM tetap sesuai asesmen seperti pekan lalu dengan memberi bobot lebih besar atas rawat inap rumah sakit.

Menurutnya, berdasarkan data pemerintah, sudah sebanyak 357 pasien meninggal sejak omicron masuk ke Indonesia, 42 persen dari mereka memiliki komorbid. Lalu 44 persen adalah kaum lansia dan 69 persen belum vaksinasi lengkap.

Walau akan dirinci melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri, Luhut mengungkapkan akan ada sejumlah pembatasan dari pemberlakuan level 3 itu.

Beberapa di antaranya, usaha warteg dan restoran maksimal 60 persen pengunjung sampai pukul 21. Tempat ibadah hanya boleh berkapasitas maksimal 50 persen, fasilitas umum dan seni budaya maksimal 25 persen.

Fasilitas kesehatan diklaim 'masih terkendali'

Sebelumnya Presiden Joko Widodo mengatakan kondisi fasilitas kesehatan "masih terkendali", meski rumah sakit utama di Jakarta sudah penuh dengan pasien Covid-19 dengan gejala sedang, berat hingga kritis.

Seorang tenaga kesehatan di RSUP Persahabatan, Jakarta, mengatakan jika kasus tak bisa dikendalikan, maka "kita pasti bakalan kolaps dan kewalahan".

Situasi ini terjadi pada awal Februari, di mana gelombang Covid dengan varian Omicron belum mencapai puncaknya yaitu akhir bulan Februari seperti diprediksi Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin.

Kendati demikian, di sejumlah RSUD di Jakarta tak tampak tumpukan orang di depan Instalasi Gawat Darurat.

Pagi menjelang siang pada Jumat (04/02), pelataran RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) dipadati hilir mudik mobil dan motor yang keluar masuk portal parkir.

Kursi-kursi tunggu yang tersedia di dalam dan luar gedung sudah setengahnya terisi orang-orang dengan wajah letih.

Sebagian lainnya, menunggu di luar gedung; ada yang menggunakan kursi roda, sebagian tubuh dibalut perban sembari menenteng berkas-berkas dalam map transparan.

Sementara, kesibukan lainnya terjadi di ruang tes PCR. Kursi berjarak terisi penuh antrean mereka yang ingin mengetahui apakah tubuhnya terinfeksi virus Covid atau tidak.

Sekitar 30 meter dari lokasi tes PCR terdapat Gedung RSCM Kiara, tempat khusus pasien Covid mendapat perawatan.

Dari pantauan BBC News Indonesia, dalam satu jam terdapat dua mobil ambulans tiba di depan pintu gedung membawa pasien.

Adapun di bagian luar gedung IGD RSCM, saat itu tampak lengang. Tiga mobil ambulans terpakir tak jauh dari situ.

Seorang tenaga kesehatan lengkap dengan APD bersama dengan brankar atau ranjang dorong bersiaga di luar gedung.

Namun, seorang tenaga kesehatan yang berjaga di RSCM mengatakan kepada BBC News Indonesia bahwa kondisi di dalam IGD "chaos banget" karena pasien-pasien Covid mulai berdatangan.

"Kondisinya berat sih. Terutama anak dan orang tua," kata dokter yang enggan disebut namanya.

BBC News Indonesia menghubungi pihak RSCM untuk mengkonfirmasi hal ini, tapi belum mendapat respons.

Tingkat keterisian ranjang di RSUP Persahabatan mencapai 85%

Sementara itu, bed occupancy rate (BOR) atau tingkat keterisian tempat tidur di RSUP Persahabatan mencapai 85%.

"Tapi itu bukan angka mutlak, karena sewaktu-waktu kami bisa tambah tempat tidur, tambah ruangan sehingga nggak akan mungkin full juga, karena akan terus ditambah," kata Dokter Spesialis Paru RSUP Persahabatan, Erlina Burhan kepada BBC News Indonesia, Jumat (04/02).

Saat ini tempat tidur di RSUP Persahabatan untuk rawat pasien Covid mencapai 65 unit. Pasien yang mendapat perawatan hanya yang bergejala sedang, berat hingga kritis.

Sementara yang bergejala ringan, setelah menjalani diagnosa dan diberi vitamin lalu "dipulangkan" untuk menjalani isolasi mandiri.

"Kalau delta dulu 300 [unit tempat tidur], kalau kasusnya naik terus, kita akan buka terus, tambah terus tempat tidur.

"Tapi kalau yang dirawatnya banyak sekali, melebihi [kasus varian] delta yang kemarin, ya kita pasti bakalan kolaps dan kewalahan," tambah dokter Erlina.

Selain itu, Erlina juga mengatakan untuk mencegah tenaga kesehatan tumbang, pihaknya telah mempersiapkan sistem sif jaga bergiliran di ruang rawat isolasi. "Sehingga tidak tiap hari [masuk]. Jadi dalam sebulan, 10 hari di ruang isolasi," katanya.

Penuh sebelum puncak

Per Kamis (03/02), kasus Covid dilaporkan mencapai 27.197 kasus, di mana DKI Jakarta disebut menyumbang sebanyak 10.000 kasus dalam waktu 24 jam terakhir.

Dengan demikian kasus harian baru-baru ini, jika dibandingkan dengan awal Januari lalu, atau dalam satu bulan terakhir, kasus Covid di Indonesia meningkat 100 kali lipat.

Sementara itu, jumlah pasien Covid yang menjalani rawat inap di rumah sakit meningkat hampir 14 kali lipat dalam satu bulan terakhir. Data terkini menunjukkan kasus rawat inap mencapai 2,05/100.000 penduduk per minggu.

Bagaimanapun, situasi Covid hari ini masih belum pada puncaknya, seperti yang diprediksi Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin.

Dalam beberapa kesempatan ia mengestimasi puncak kasus Covid gelombang ketiga akan terjadi pada akhir Februari.





Sumber : BBC


BERITA LAINNYA



Close Ads x