> >

Terjadi Lonjakan Kasus COVID-19, Dinkes Depok Minta RS Tambah Kapasitas Rawat Inap

Peristiwa | 28 Januari 2022, 08:56 WIB
Ilustrasi. Untuk mengantisipasi semakin tingginya kasus rawat inap di rumah sakit, Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Mary Liziawati meminta seluruh rumah sakit rujukan untuk menyiapkan tambahan tempat tidur perawatan bagi pasien COVID-19. (Sumber: Shutterstock/Kobkit Chamchod)

DEPOK, KOMPAS.TV – COVID-19 varian Omicron terus menyebar dengan cepat di Indonesia dan kini membuat ketersediaan tempat tidur di rumah sakit semakin menipis. Di Depok, Jawa Barat, kasus COVID-19 pun terus melonjak dan mengancam daya tampung ruang rawat inap di rumah sakit.

Untuk mengantisipasi semakin tingginya kasus rawat inap di rumah sakit, Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Mary Liziawati meminta seluruh rumah sakit rujukan untuk menyiapkan tambahan tempat tidur perawatan bagi pasien COVID-19. 

"Direktur rumah sakit atau yang mewakili mohon untuk segera menyediakan tambahan tempat tidur isolasi mengingat peningkatan kasus Covid-19 yang makin tinggi," ujar Mary, dalam keterangannya, Kamis (27/1/2022), seperti dikutip dari Kompas.com

Baca Juga: 17 Pegawai Terkonfirmasi Positif Covid-19, PN Kelas 1B Kota Depok Lockdown!

Mary menyebutkan, pada pekan pertama Januari, tercatat ada 29 kasus Covid-19. Kemudian angkanya bertambah 183 kasus pada pekan kedua.

Pada pekan ketiga terjadi lonjakan kasus baru Covid-19 yakni mencapai 700. Selanjutnya pada pekan keempat tercatat ada penambahan 810 kasus.

Selain menambah tempat tidur perawatan, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok juga telah menetapkan 21 rumah sakit rujukan.

"Ada 21 rumah sakit rujukan COVID-19 dengan 88 tempat tidur ICU dan 465 tempat tidur isolasi," kata Mary.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes), terdapat 448 kasus baru Covid-19 pada Rabu (26/1/2022). Dinkes juga mencatat ada 1.680 kasus aktif Covid-19.

Sebelumnya, Wali Kota Depok Mohammad Idris menyebutkan, positivity rate di wilayahnya meningkat seiring terjadinya lonjakan kasus Covid-19.

Penulis : Tussie Ayu Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas.com


TERBARU