> >

Dibuka Lagi Saat Pandemi, Intip Besaran Biaya Umrah Paling Murah 32 Juta

Agama | 13 Januari 2022, 08:24 WIB
Ratusan jemaah Muslim mengelilingi Kabah, di Masjid Al Haram, sembari menerapkan jaga jarak sosial untuk melindungi diri dari virus corona, di kota suci Muslim di Makkah, Arab Saudi, Rabu, 29 Juli, 2020.(AP/STR). Lantas, berapa biaya umrah saat pandemi? (Sumber: Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah resmi membuka lagi ibadah umrah ke tanah suci Mekkah di masa pandemi mulai 8 Januari 2021 kemarin. Lantas, berapa biaya umrah saat pandemi ini??

Ketua Umum Serikat Penyelenggara Umrah Haji Indonesia (Sapuhi) Syam Resfiadi mengatakan, biaya termurah perjalanan ibadah umrah pada masa pandemi Covid-19 mencapai Rp32 juta.

Biaya ini naik lagi dari perkiraaan. Sebelumnya angka kisaran biaya umrah ini berkisar di Rp 20 juta dan sekarang biaya umrah mencapai angka Rp 32 juta.

"Karena angka menjadi lebih mahal yang awalnya Rp20 juta, kita sekarang minimal Rp32 juta," ujar Syam saat dihubungi dari Jakarta, Rabu, seperti dikutip KOMPAS TV dari Antara.

Baca Juga: Umrah di Tengah Ancaman Omicron, Ini yang Harus Diperhatikan Menurut Epidemiolog

Syam mengatakan, angka itu termasuk di dalamnya untuk biaya karantina. Para peziarah maupun jemaah ibadah umrah harus di karantanina, baik di Arab Saudi maupun di Indonesia.

Sementara biaya termahal dapat menyentuh angka sekitar Rp45 juta hingga Rp55 juta, dengan fasilitas penginapan hotel bintang 5 internasional.

"Sekarang minimal Rp32 juta dengan karantina baik di Arab Saudi maupun Indonesia, itu paling murah, mendapat hotel bintang 4 lokal," kata dia.

Pihak Sapuhi sendiri akan memberangkatkan jemaah umrah pada 15 Januari nanti. Ia menyebut, sejumlah hal sudah disiapkan dan telah mengikuti aturan.

Sejumlah persyaratan yang telah disiapkan seperti paspor, visa, hingga sertifikat vaksinasi.

Jemaah yang akan berangkat akan menjalani karantina di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta.

Penulis : Dedik Priyanto Editor : Fadhilah

Sumber : Kompas TV


TERBARU