> >

Menhub Resmikan Pembangunan Jalur Ganda Kereta Api di Solo Balapan hingga Kalioso

Peristiwa | 9 Januari 2022, 08:40 WIB
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meresmikan pembangunan jalur ganda kereta api Solo Balapan - Kalioso yang berlokasi di Simpang Joglo, Kota Surakarta, Jawa Tengah. (Sumber: Kompas TV)

SOLO, KOMPAS.TV - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meresmikan pembangunan jalur ganda kereta api Solo Balapan - Kalioso yang berlokasi di Simpang Joglo, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Menhub mengatakan, pembangunan jalur ganda tersebut diharapkan dapat turut membangun kehidupan dan memajukan perekonomian di wilayah Kota Surakarta dan sekitarnya.

"Solo adalah kota aglomerasi. Pembangunan ini adalah satu titik di mana kita akan mengoneksikan beberapa kota yang ada di Jawa Tengah," kata Budi Karya dalam sambutannya yang dipantau secara daring, Sabtu (8/1/2022).

Lebih lanjut Menhub menyampaikan terkait manfaat dibangunnya jalur ganda yang rencananya dibuat melayang (elevated) di kawasan Simpang Joglo itu.

Menurutnya, pembangunan dilakukan untuk mengurangi kemacetan dan risiko banjir di daerah tersebut. Selain itu, guna mempercepat waktu tunggu antara kereta melintas (headway) yang akan turun menjadi 15 menit, dari sebelumnya 30 menit apabila jalur ganda selesai dibangun.

Baca Juga: Tak Sekadar Simpul Transportasi, Kemenhub Sulap Terminal Tirtonadi Jadi Pertunjukan Seni dan Budaya

Lanjut dia, pembangunan infrastruktur transportasi juga merupakan instruksi Presiden Joko Widodo untuk terus meningkatkan konektivitas di seluruh Indonesia.

"Jadi ini akan menyelesaikan masalah lalu lintas, baik headway kereta api, dan juga kemacetan di jalan," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan bahwa kerja sama yang baik antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah akan memberikan hasil yang baik pula.

Ganjar menyampaikan, sinergi berbagai pihak itu akan bermanfaat untuk masyarakat.

Penulis : Nurul Fitriana Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV


TERBARU