Kompas TV regional peristiwa

Tak Sekadar Simpul Transportasi, Kemenhub Sulap Terminal Tirtonadi Jadi Pertunjukan Seni dan Budaya

Kompas.tv - 8 Januari 2022, 22:41 WIB
tak-sekadar-simpul-transportasi-kemenhub-sulap-terminal-tirtonadi-jadi-pertunjukan-seni-dan-budaya
Fasilitas di Terminal Tirtonadi, Surakarta, Jawa Tengah. (Sumber: Dok. Kemenhub)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Deni Muliya

SOLO, KOMPAS.TV - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menjadikan Terminal Tirtonadi, Surakarta, Jawa Tengah tak hanya sebagai simpul transportasi, tapi juga sebagai tempat pertunjukkan seni dan budaya.

Salah satu pertunjukan yang dilangsungkan di terminal tersebut adalah konser musik yang disaksikan secara live streaming melalui akun Youtube Kompas TV pada Sabtu (7/1/202) malam.

Acara tersebut merupakan hasil kerjasama antara Kemenhub dengan media Kompas dan para pegiat seni di kota Solo.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, konsep pengembangan Terminal Tipe A Tirtonadi memang diarahkan untuk dapat sekaligus menjadi tempat pertunjukkan seni dan budaya bagi masyarakat.

Wujud Terminal Tirtonadi saat ini disebut sebagai ikon baru di Solo. 

"Apa yang selama ini ada di Terminal Tirtonadi sudah bagus dan akan kita tambah lagi dengan kegiatan yang menarik sebagai pusat kreasi, pusat kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat di Solo dan sekitarnya," kata Budi Karya saat menghadiri acara "Di Tirtonadi, Berbuat untuk Seni Budaya Solo".

Baca Juga: Dilengkapi Sarana Olahraga dan Ballroom, Terminal Tirtonadi akan Jadi Creative Center

Budi Karya menyebut, kini Terminal Tirtonadi memiliki berbagai fungsi selain menjadi simpul transportasi.

Yakni memiliki function hall untuk pameran, resepsi pernikahan, pusat olahraga, pusat kuliner, dan pusat kesenian.

Dengan adanya penambahan fungsi terminal, diharapkan semakin banyak masyarakat dari berbagai kalangan dan anak muda hingga orang tua dan para penikmat seni yang datang ke terminal.

Dia juga berharap, melalui berbagai kegiatan yang diselenggarakan di Terminal Tirtonadi maka turut meningkatkan pamor terminal bus dan semakin meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan angkutan umum bus.

"Jadi terminal ini memiliki berbagai fungsi tambahan untuk berkegiatan secara nyaman. Tetapi secara komersil juga menghasilkan dan menghidupi kegiatan yang ada di sini," ujarnya.

Konsep pengembangan Terminal Tirtonadi, lanjut Budi Karya, juga akan diterapkan di sejumlah simpul transportasi lain seperti stasiun kereta api, pelabuhan, hingga bandara.

Namun demikian, Kemenhub akan mencarikan format yang sesuai dengan daerah masing-masing, termasuk kearifan lokal serta potensi daerah tersebut.

Selain itu, Budi Karya menambahkan, dalam pengembangannya, Kemenhub juga melibatkan Pemerintah Daerah dan pihak swasta untuk berpartisipasi.

Baca Juga: Kemenhub: Pergerakan Penumpang Angkutan Umum Capai 5,8 Juta Orang selama Libur Nataru

Baca Juga: Survei Kemenhub: 19 Juta Warga Lakukan Perjalanan Darat, Laut, serta Udara! Akan Ada "Random" Cek



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x