> >

Resmi! Besok 8 Januari 2022 Umrah Dibuka Lagi, 400 Jemaah Indonesia Berangkat ke Arab Saudi

Agama | 7 Januari 2022, 09:55 WIB
Ilustrasi umrah. Secara resmi mulai besok, Sabtu 8 januari 2022 Indonesia akan mengirimkan jamaah umrah ke Saudi (Sumber: Dokumen Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Akhirnya pengumuman umrah kembali dibuka secara resmi dikeluarkan oleh Pemerintah Indonesia mulai besok, Sabtu, 8 Januari 2022.

Hal itu dinyatakan secara resmi oleh Kementerian Agama (Kemenag) lewat Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Hilman Latief.

Dalam keterangannya Hilman menyebut, pemberangkatan ibadah umrah akan kembali dibuka setelah sebelumnya mengalami penundaan sesuai imbauan Presiden Joko Widodo agar tak melakukan perjalanan ke luar negeri pada akhir 2021.

"Pemberangkatan jamaah umrah rencananya akan kembali dibuka pada 8 Januari 2022," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (6/1).

Ia lantas mengatakan keputusan pemberangkatan itu setelah menggelar rapat lintas kementerian/lembaga berkaitan dengan penyelenggaraan ibadah umrah 1443 Hijriah pada 3 Januari 2022.

Baca Juga: Aturan Jemaah Umrah, Wajib Karantina selama Lima Hari di Saudi

Karena masih dalam masa pandemi Covid-19, penyelenggaraan umrah dilaksanakan dengan pengendalian dan pengawasan dengan mengikuti kepatuhan protokol kesehatan secara ketat.

Kata Hilman, pengetatan itu dilakukan baik di Tanah Air maupun di Arab Saudi dengan fokus mengedepankan perlindungan dan keselamatan jamaah.

"PPIU (Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah) yang akan memberangkatkan jamaah umrah juga wajib melaporkan keberangkatan melalui SISKOPATUH," kata Hilman.

Ketentuan lainnya, kata dia, keberangkatan diprioritaskan bagi PPIU yang menggunakan penerbangan langsung (direct flight) melalui Bandara Soekarno-Hatta.

Penulis : Dedik Priyanto Editor : Gading-Persada

Sumber : Tribunnews


TERBARU