> >

Kisah Kades Nglebak Blora Pertama Kali Naik Pesawat, Buka Pintu Darurat yang Dikira Mirip Bus

Peristiwa | 22 Desember 2021, 10:32 WIB
Ilustrasi pintu darurat pesawat Citilink yang penutup tuasnya dibuka anak-anak. (Sumber: tipsmake.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Seorang calon penumpang membuka pintu darurat pesawat Citilink rute Jakarta - Blora dan menyebabkan pesawat tersebut batal terbang.

Belakangan diketahui penumpang itu bernama Sudarto (57), seorang Kepala Desa Nglebak, Kecamatan Kradenan, Blora, Jawa Tengah.

Dilansir dari Kompas.com, peristiwa tersebut berawal saat dirinya diminta pindah tempat duduk oleh pramugari. Pada saat itu dirinya tidak sengaja membuka pintu darurat yang dianggapnya seperti pintu bus.

Sudarto mengaku dirinya merasa kebingungan karena ini merupakan kali pertamanya menggunakan moda transportasi udara.

Usai adanya insiden gagal terbang itu, Sudarto siap bertanggungjawab dan meminta maaf kepada para calon penumpang lainnya, yang notabene merupakan para kades di tiga kecamatan se-Kabupaten Blora.

"Saya langsung SMS teman-teman, mohon maf karena tidak jadi terbang andai kata saya ikhlas karena ini saya termasuk mengganggu tentang kenyamanan teman-teman kades. Nanti saya siap andai kata bapak-bapak merasa saya kecewakan saya siap segala-galanya," ucap Sudarto saat dihubungi Kompas.com, Selasa (21/12/2021).

Baca juga: Mantan Kapolsek Kebayoran Baru Gugat Kapolri dan Kapolda ke PTUN, Apa Alasannya?

Namun, calon penumpang lainnya memaklumi kelakuan Sudarto. Sehingga, para kades tersebut tidak ingin mempermasalahkan peristiwa gagalnya mereka pulang ke Blora menggunakan pesawat terbang.

"Terus akhirnya muncul dari teman-teman semua 'enggak Mbah, pokoknya yang penting semua ini selamat, kebersamaan ini enak dan maksudnya pahit getirnya ya sama-sama dirasakan'," kata Sudarto menirukan teman-temannya.

Setelah gagal terbang, para calon penumpang tersebut kemudian dialihkan menggunakan moda transportasi lainnya. Sedangkan Sudarto memilih pulang ke Blora melalui moda transportasi darat menggunakan bus.

Penulis : Baitur Rohman Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU