> >

Wagub DKI Menjelaskan Alasan Operasional Transjakarta Tak Mungkin Diberhentikan

Peristiwa | 9 Desember 2021, 10:01 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, di Jetski Academy Indonesia, Minggu (7/11/2021). (Sumber: Kompas.tv/HASYA NINDITA)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mengatakan bahwa Pemprov DKI tidak mungkin memberhentikan layanan Transjakarta karena Transjakarta beroperasi untuk kepentingan masyarakat dan merupakan Transportasi terbaik di Jakarta.

"Transjakarta itu untuk kepentingan masyarakat transportasi yang baik, bahkan yang terbaik di Jakarta, bahkan mungkin yang terbaik di Indonesia pelayanan Transjakarta," kata Riza kepada wartawan, Kamis (9/12/2021). 

Menurutnya, tidak mungkin memberhentikan layanan Transjakarta karena satu atau dua kelalaian. Jika ada kekurangan, katanya, akan diperbaiki. 

"Ini kan kepentingan publik, tidak mungkin kita memberhentikan Transjakarta, jangan hanya karena satu dua kelalaian, kemudian menutup pelayanan yang besar," ujarnya menegaskan. 

Baca Juga: Soal Desakan Pecat Dirut Transjakarta, Wagub DKI: Silakan Saja Semua Boleh Beri Masukan

"Namun kalau ada kekurangan satu (atau) dua, kita perbaiki sama-sama," tambah Riza. 

Ia mengatakan, pihaknya tengah mencari formula yang paling baik dalam merespons permasalahan Transjakarta.

"Iya, KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi) sudah berkunjung, berdiskusi berdialog sedang dicarikan formula terbaik ke depan," kata Riza. 

Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono dalam paparan hasil audit kepada PT Transjakarta mengungkapkan, koridor bus yang sempit yang menyebabkan sopir dan pramudi kelelahan sebagai masalah dominan dari Transjakarta. 

"Tapi masalah human factors ini menjadi hal yang dominan, karena untuk di Transjakarta berjalan di koridor yang saya cerita itu, menyebabkan rasa lelah yang luar biasa bagi pengemudi," katanya kepada wartawan, Selasa (7/12/2021) sore. 

Penulis : Hasya Nindita Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV


TERBARU