> >

Mensos Risma Minta Anak Tuli Bicara Teriak Hore, Orang Tua: Itu Benar-Benar Sangat Menyakiti Hati

Berita utama | 3 Desember 2021, 19:55 WIB
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini atau kerap dipanggil Risma. (Sumber: Dok Kementerian Sosial)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hati Iies Arum Wardhani, orang tua dari seorang anak penyandang disabilitas, merasa sakit hati ketika melihat Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini atau yang akrab disapa Risma, meminta seorang anak tuli berbicara.

Iies mengomentari sebuah kejadian dalam rangkaian acara Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2021 yang digelar Kementerian Sosial (Kemensos) pada Rabu (3/12/2021).

“Ketika itu, beliau (Risma) mengatakan, ‘Ayo berteriak seperti ini’. Itu benar-benar sangat menyakiti hati saya,” kata Iies, dalam konferensi pers Koalisi Organisasi Penyandang Disabilitas Anti-Audism secara daring, seperti dikutip dari Kompas.com, Jumat (3/12/2021).

Iies menuturkan, semula ia berharap acara HDI yang digelar Kemensos bisa menjadi acara yang hangat dan memanusiakan anaknya.

Sebab, anak-anak tuli diberikan alat bantu dengar dan diminta untuk berbicara.

Baca Juga: Rekam Jejak Risma Perlakukan Kaum Disabilitas Terungkap, PDIP: Mereka Setara Diperlakukan

“Kemudian didorong, menggunakan 'Ayo kamu berkata horee, A, A,’ itu sangat menyakiti saya. Apalagi dengan perkataan, kamu sekarang tidak bisu,” tuturnya.

Tidak hanya Iies yang sakit hati karena tindakan Risma, Udana Maajid Pratista yang merupakan penyandang disabilitias tuli juga menyatakan rasa kecewa yang sama.

Menurut Udana, teman tuli biasanya lebih suka berbahasa isyarat.

“Tapi kemarin seperti ada perasaan, saya merasa sakit hati. Padahal tidak semua tuli itu bisa nyaman untuk berbicara,” ucapnya Udana yang juga hadir dalam kegiatan yang digelar Kemensos.

Penulis : Ninuk Cucu Suwanti Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas TV


TERBARU