> >

Mahfud MD soal Dugaan Bisnis PCR Luhut dan Erick: Silakan Diteliti, Dihitung, Diaudit

Peristiwa | 14 November 2021, 23:17 WIB
Menkopolhukam Mahfud MD mempersilahkan masyarakat untuk menieliti, mengaudit lebih jauh soal tuduhan keterlibatan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri BUMN Erick Thohir dalam bisnis PCR. (Sumber: Tangkapan layar video)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Koordinatr Bidang Koordinatr Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD memberi tanggapan soal isu keterlibatan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri BUMN Erick Thohir dalam bisnis tes PCR. 

Mahdfud mempersilakan masyarakat untuk meneliti dan melakukan audit lebih jauh terkait tuduhan yang menyeret nama Luhut dan Erick.

Dia juga memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mengritik dugaan tersebut. 

Adapun hal tersebut disampaikannya saat menjadi keynote speaker pada webinar "Menguji Konsistensi Kebijakan Penanganan Pandemi Covid-19 Terhadap UUD 1945" yang diselenggarakan Masjid Kampus UGM, Yogyakarta, Sabtu (13/11/2021) malam.

"Silakan terus diteliti, dihitung, dan diaudit. Masyarakat juga punya hak untuk mengkritisi," kata Mahfud dalam keterangan tertulis, Minggu (14/11/2021).

Meski demikian, Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini meyakini bahwa kebenaran bakal terungkap di masa mendatang. 

Mahfud MD juga memaparkan bahwa Luhut dan Erick memang ikut terlibat dalam mendirikan PT Genomik Solidaritas Indonesia (GSI).

Baca Juga: Luhut Tegaskan Tidak Pernah Ambil Untung dari Bisnis PCR GSI, Justru Beri Bantuan

Namun, dia menekan PT GSI ini dibentuk tidak untuk mencari keuntungan pribadi, melainkan guna membantu masyarakat di tengah pandemi Covid-19 khususnya dalam melakukan pengadaan PCR yang distribusinya ada yang berbayar dan ada yang digratiskan.

Bermunculan pula hasil penelitian kreatif dari berbagai kampus.

Penulis : Isnaya Helmi Editor : Fadhilah

Sumber : Kompas TV


TERBARU