> >

Viral Mahasiswa Dibanting Polisi hingga Kejang, Ini yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Seseorang Kejang

Viral | 14 Oktober 2021, 09:44 WIB
Sebuah video singkat yang beredar di media sosial memperlihatkan seorang anggota kepolisian berseragam hitam membanting seorang mahasiswa ke trotoar hingga kejang-kejang. (Sumber: Tangkapan layar Twitter @juru_baca)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Unjuk rasa yang dilakukan sejumlah mahasiswa dalam rangka HUT ke-389 Kabupaten Tangerang di kawasan Pusat Pemerintahan Kabupaten Tangerang, Tigaraksa, Rabu (13/10/2021), berakhir ricuh.

Dalam video yang beredar di media sosial, bentrokan terjadi antara mahasiswa dan anggota kepolisian. Salah satu yang paling ramai adalah video polisi membanting mahasiswa hingga kejang.

Seorang anggota kepolisian berbaju hitam yang mengenakan rompi memiting leher seorang mahasiswa dan membawanya ke trotoar.

Baca Juga: Pengakuan Mahasiswa yang Dibanting Polisi hingga Kejang: Saya Maafkan, tapi Ingat Saya Tak akan Lupa

Kemudian, polisi tersebut membanting badan mahasiswa hingga bagian belakang badannya menghantam trotoar dan terdengar suara benturan yang cukup keras.

Setelah di-smackdown polisi, mahasiswa tersebut mengalami kejang-kenang hingga beberapa polisi lain datang menolongnya dengan mendudukan mahasiswa tersebut lalu menepuk bagian punggungnya.

Tindakan represif polisi terhadap massa aksi yang melakukan demonstrasi ini mendapat kecaman keras dari berbagai pihak hingga menjadi trending topic di jagad Twitter.

Salah satu yang menjadi sorotan netizen dalam video tersebut adalah kesalahan pertolongan pertama pada kejang.

Baca Juga: Anggota Polisi Brigadir NP Minta Maaf dan Peluk Mahasiswa yang Dibantingnya hingga Kejang-Kejang

Lantas, bagaimana pertolongan pertama pada kejang dan apa yang tidak boleh dilakukan kepada seseorang yang kejang?

Pertolongan pertama pada kejang

Penulis : Fiqih Rahmawati Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV/CDC


TERBARU