> >

KSAL Yudo Margono Ajak Aspeksindo Kolaborasi dengan TNI AL Wujudkan Keamanan Maritim

Politik | 9 Oktober 2021, 20:01 WIB
Kepala Staf TNI AL (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengikuti musyawarah nasional (Munas) II Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (Aspeksindo), Jumat (8/10/2021). (Sumber: KOMPAS TV/Dinas Penerangan TNI AL)

PANGKAL PINANG, KOMPAS.TV – Kepala Staf TNI AL (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengikuti Musyawarah Nasional (Munas) II Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (Aspeksindo)

Uniknya munas tidak diselenggarakan di tepat pertemuan atau hotel melainkan di atas KRI Semarang 594 yang berlayar di Perairan Bangka Belitung, Jumat (8/10/2021).

Dalam sambutannya KSAL Yudo Margono mengakui peran TNI AL dalam mewujudkan keamanan maritim Indonesia tidak bisa bekerja sendiri.

Sehingga harus ada kerja sama dengan pemerintah daerah pesisir, kepulauan.

Baca Juga: Marinir TNI AL lakukan simulasi tempur di pantai Tanjung Kelayang

Untuk itu jugalah TNI AL terus membina kemitraan dan mendorong pihak yang terkait ikut berkolaborasi dalam mewujudkan keamanan maritim Indonesia.

"Tidak mungkin atau mustahil TNI AL bisa berdiri sendiri tanpa kerja sama dengan Pemerintah Daerah Pesisir dan Kepulauan dalam mewujudkan keamanan maritim Indonesia," ujar Yudo Margono dikutip dari keterangan tertulisnya, Sabtu (9/10/2021).

KSAL menambahkan tugas TNI AL dalam melaksankan tugas menjaga keamanan laut tidak terbatas dalam penegakan hukum dan kedaulatan di laut.

Namun menjamin pengguna laut bebas dari segala bentuk gangguan dan ancaman berupa ancaman kekerasan, ancaman navigasi, ancaman pelanggaran hukum serta ancaman terhadap sumber daya kelautan.

Baca Juga: TNI AL Gelar Serbuan Vaksinasi Di Kota Tidore Kepulauan

Penulis : Johannes Mangihot Editor : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Kompas TV


TERBARU