> >

Mengenal Perayaan Kue Bulan, Festival Tradisional yang Dirayakan Masyarakat Tionghoa

Sosial | 21 September 2021, 13:26 WIB
Kue bulan atau mooncake. (Sumber: Unsplash/Renato Marques)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Masyarakat Tionghoa merayakan Mooncake Festival atau Perayaan Kue Bulan. Perayaan ini jatuh setiap tanggal 15 bulan 8 pada kalender tradisional China.

Untuk tahun 2021, Perayaan Kue Bulan jatuh pada hari ini, Selasa (21/9/2021). Festival atau perayaan ini juga dikenal dengan Festival Pertengahan Musim Gugur.

Dalam perayaan ini, masyarakat Tionghoa biasanya menyemarakkannya dengan memakan kue bulan.

“Pada tanggal 15 bulan 8 menurut penanggalan Imlek, penanggalan tradisional China, orang-orang secara khusus makan kue bulan ini,” kata Guru Besar Bahasa Mandarin Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia Hermina Sutami, dikutip dari Kompas.com, Selasa (21/9/2021).

Baca Juga: YUNI, Film Karya Kamila Andini Menang di Toronto International Film Festival 2021

Kue bulan dalam bahasa mandarin disebut dengan tiong ciu pia. Tiong artinya tengah, ciu artinya musim gugur, sementara pia merujuk pada nama jenis kue yang berbentuk bulan dengan isi di dalamnya.

Legenda kue bulan

Terdapat sebuah legenda yang melatarbelakangi adanya Perayaan Kue Bulan ini. Legenda ini terjadi ribuan tahun yang lalu, di mana dunia memiliki 10 matahari.

Saking banyak matahari yang bersinar, manusia di bumi merasa kepanasan. Kemudian, Kaisar Yao yang memimpin sekitar 2.000 tahun lalu memerintahkan seorang pemanah bernama Hou Yi untuk melumpuhkan matahari.

“Dengan keahliannya, Hou Yi berhasil menjatuhkan sembilan matahari,” kata Hermina.

Penulis : Fiqih Rahmawati Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas.com


TERBARU