> >

Kemenkes Turut Berduka Atas Gugurnya Nakes di Papua

Peristiwa | 16 September 2021, 16:57 WIB
Kebulan asap yang berasal dari sejumlah bangunan yang dibakar KKB di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Senin (13/9/2021) (Sumber: Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) drg Widyawati menyampaikan duka cita mendalam atas gugurnya tenaga kesehatan (nakes) di Distrik Kiwirok. Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

Widyawati menyesalkan peristiwa kekerasan yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dan mengakibatkan beberapa nakes tewas.

“Kami sangat menyayangkan peristiwa yang terjadi, sehingga saudari Gabriela Meilan gugur dalam melaksanakan tugas," kata drg Widyawati dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Kamis (16/9/2021).

Widyawati mengatakan, pihaknya telah menerima informasi dari Polda Papua terkait dengan tindakan kekerasan oleh KKB yang dialami oleh tenaga kesehatan di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang.

Dari 10 tenaga kesehatan, 8 orang sudah mengamankan diri di pos TNI.

Sementara dua orang nakes, yang sebelumnya dinyatakan ditahan oleh KKB, telah ditemukan setelah pencarian oleh TNI-Polri.

Satu orang berhasil ditemukan dalam keadaan hidup, dan satu lagi dalam kondisi meninggal dunia. Saat ini masih menunggu proses evakuasi.

“Tenaga Kesehatan merupakan garda terdepan dalam menjamin pelayanan kesehatan masyarakat, sehingga keselamatan mereka menjadi hal yang utama. Terlebih lagi Indonesia masih berperang melawan pandemi Covid-19 dimana peran tenaga kesehatan sangat krusial,” tambah Widyawati.

Selanjutnnya, kata Widyawati, Kementerian Kesehatan akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk mendapatkan informasi perkembangan dari kasus tersebut.

Baca Juga: Baku Tembak dengan TNI, Komandan Batalyon KKB Papua Elly Bidana Tewas

Sebelumnya, seperti diberitakan KOMPAS.TV, aparat keamanan TNI-Polri berhasil mengevakuasi dua tenaga kesehatan yang terjatuh ke jurang saat menyelamatkan diri KKB yang meneror Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua pada Senin (14/9/2021).

Kedua nakes tersebut adalah Kristina Sampe dan Gabriel Meilan. Mereka ditemukan pada Rabu (15/9/2021) malam.

Penulis : Hedi Basri Editor : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Kompas TV


TERBARU