> >

Jakarta Siaga Banjir, Pemprov DKI Antisipasi Potensi Banjir akibat Cuaca Ekstrem

Peristiwa | 14 September 2021, 16:29 WIB
Ilustrasi cuaca esktrem berupa hujan lebat yang menyebabkan banjir. (Sumber: Kompas TV/Ant/Aji Styawan)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan seluruh sumber daya Pemerintah Provinsi (Pemprov) akan dikerahkan untuk mengantisipasi potensi banjir akibat cuaca ekstrem.

"Ya sudah dirapatkan beberapa hari yang lalu, Pak Gubernur langsung memimpin, kami pastikan sumber daya yang kami miliki, sumber daya manusia, alat semua akan kami fungsikan semaksimal mungkin," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (14/9/2021).

Riza mengatakan, pihaknya belajar melakukan antisipasi pencegahan, penanganan, dan pengendalian banjir dari tahun sebelumnya. 

"Kami belajar dari tahun ke tahun sebelumnya tentang antisipasi pencegahan penanganan pengendalian banjir termasuk rehabilitasi," ujarnya. 

Terkait persiapannya, Riza mengatakan semua sektor dan alat-alat akan dikerahkan. Ia memastikan semua instansi Pemprov DKI akan terlibat aktif.

"Semua sektor mulai dari pengerukan, gerebek lumpur, polder pompa, waduk, setu, semua kita kerahkan. Alat-alat kami kerahkan, kami bagi dua shift, pagi dan sore malem, kami libatkan semua instansi terkait, tidak hanya SDA, tapi semua jajaran Pemprov terlibat aktif," katanya.

Baca Juga: BPBD Imbau Warga Jakarta Waspada Dampak Cuaca Ekstrem 14-15 September 2021

 

Riza mengimbau masyarakat untuk tetap disiplin dan waspada, khususnya masyarakat yang tinggal di bantaran sungai. 

"Bahkan yang paling penting masyarakat harus patuh, disiplin, waspada, apalagi masyarakat yang tinggal di bantaran sungai, di sekitar daerah-daerah tergenang air," kata Riza.

Penulis : Hasya Nindita Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas TV


TERBARU