> >

Waspada! Info Cuaca BMKG di Pulau Jawa Hari Ini, Sabtu 10 Juli 2021 Bakal Diguyur Hujan Lebat

Peristiwa | 10 Juli 2021, 04:45 WIB
Ilustrasi hujan lebat disertai petir yang bakal terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia. (Sumber: Tribunnews.com)

SOLO, KOMPAS.TV - Peringatan dini terhadap potensi cuaca ekstrem di sejumlah wilayah di Indonesia dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk hari ini, Sabtu (10/7/2021).

Khususnya di wilayah penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, untuk seluruh wilayah Pulau Jawa sebagian besar akan diguyur hujan lebat disertai angin kencang.

Melansir laman web.meteo.bmkg.go.id, Deputi Bidang Meteorologi, Jumat (9/7/2021), menyampaikan adanya sirkulasi siklonik terpantau di perairan barat Kalimantan bagian utara yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di Kalimantan Timur hingga Kalimantan bagian utara.

Baca Juga: Info Cuaca Hari Ini, Minus Jakarta, Jawa-Bali Bakal Hujan, BMKG: 24 Wilayah Alami Cuaca Ekstrem

Daerah konvergensi lainnya juga terpantau memanjang dari perairan barat Sumatera Utara hingga Selat Malaka bagian utara, dari pesisir timur Sulawesi Tenggara bagian selatan hingga Teluk Tomini bagian selatan, dari pesisir utara Papua Barat hingga perairan utara Papua Barat dan dari Papua Nugini bagian barat hingga Papua bagian barat.

Daerah pertemuan angin (konfluensi) pun terpantau di perairan Barat Aceh hingga Selat Malaka bagian utara.

Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Berikut wilayah yang berpotensi terjadi cuaca ekstrem Sabtu, 10 Juli 2021.

Baca Juga: Waspada, BMKG Peringatkan Potensi Cuaca Ekstrem di 25 Wilayah Hari Ini, Termasuk di PPKM Darurat

Daftar wilayah yang berpotensi hujan berintensitas lebat yang dapat disertai angin kencang/puting beliung dan kilat/petir:

- Aceh

- Sumatra Utara

- Sumatra Barat

- Riau

- Bengkulu

- Jambi

- Sumatra Selatan

- Lampung

- Banten

Penulis : Gading Persada Editor : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Kompas TV


TERBARU