> >

Info Cuaca Hari Ini, Minus Jakarta, Jawa-Bali Bakal Hujan, BMKG: 24 Wilayah Alami Cuaca Ekstrem

Peristiwa | 9 Juli 2021, 04:45 WIB
Ilustrasi hujan yang berpotensi di sejumlah daerah di Indonesia pada hari ini Kamis, 9 Juli 2021 (Sumber: scroll via tribunnews)

SOLO, KOMPAS.TV - Hari kesembilan di bulan Juli, pada hari ini, Jumat 9 Juli 2021, daerah-daerah penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) bakal turun hujan. 

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca ekstrem di 24 wilayah Indonesia pada Jumat (9/7/2021). 

Sebanyak 21 daerah berpotensi alami hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.
Minus DKI Jakarta, adapun ke 21 daerah itu antara lain dalah Aceh, Sumatra Barat, Bengkulu, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur dan Bali.

Sementara itu, tiga wilayah lainnya diperkirakan diguyur hujan yang dapat disertai petir dan angin kencang.

Baca Juga: Waspada, BMKG Peringatkan Potensi Cuaca Ekstrem di 25 Wilayah Hari Ini, Termasuk di PPKM Darurat

Dilansir bmkg.go.id, Sirkulasi siklonik terpantau di perairan Utara Kalimantan dan di Samudera Hindia Barat Sumatra.

Kondisi tersebut, membentuk daerah pertemuan angin (konfluensi) di Kalimantan Utara dan di Perairan Barat Sumatra Barat - Bengkulu.

Daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) terpantau memanjang di Aceh, dari Sumatra Utara hingga Selat Malaka, Semenanjung Malaysia, dari Sumatra Selatan hingga Sumatra Barat, di Lampung, dari NTT hingga Jawa Timur.

Kemudian, di Utara Kalimantan, di Kalimantan Barat bagian Selatan, dari Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Tengah, dari Laut Maluku hingga Gorontalo, di Papua Barat dan di Papua.

Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Penulis : Gading Persada Editor : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Kompas TV


TERBARU