> >

Gaji ke-13 Cair Juni Ini, Berikut Rincian Nominal yang Akan Diterima ASN

Sosial | 29 Mei 2021, 16:37 WIB
Ilustrasi gaji ke-13. (Sumber: Pixabay/Mohamad Trilaksono)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Seusai menerima tunjangan hari raya (THR), aparatur sipil negara (ASN) akan segera menerima gaji ke-13 yang direncanakan cair mulai 1 Juni 2021.

Menurut Peraturan Pemerintah (PP) No 63 Tahun 2021, gaji ke-13 akan disalurkan paling cepat pada bulan Juni mendatang.

Plt Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik KemenPAN RAB Mohammad Averrouce menjelaskan, pembayaran gaji ke-13 bakal dilakukan berbarengan dengan gaji pokok bulan Juni.

"Bulan Juni. Idealnya diberikan paling cepat bersamaan dengan pemberian gaji pokok bulan Juni, yaitu tanggal 1 Juni," ujarnya sebagaimana dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Tidak Cuma PNS, Berikut Penerima Gaji Ke-13 dan Besarannya yang akan Cair Mulai 1 Juni 2021

Dalam PP di atas, disebutkan pula penerim gaji ke-13 terdiri dari PNS, prajurit TNI, anggota Polri, pejabat negara, penerima pensiun/tunjangan, dan penerima lain sesuai peraturan tersebut.

Sama halnya dengan THR, gaji ke-13 tahun ini juga meliputi gaji pokok dan tunjangan melekat, seperti tunjangan jabatan dan tunjangan keluarga, namun tanpa tunjangan kinerja.

Sedangkan untuk nominal gaji ke-13 sendiri, telah diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 42/PMK.05/2021 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pemberian THR dan Gaji ke-13 kepada Aparatur Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan tahun 2021 yang bersumber dari APBN.

Baca Juga: Gaji ke-13 Cair 1 Juni Tanpa Tukin, Ini Daftar Komponennya

Lebih jelasnya lagi, berikut daftar besaran gaji ke-13 ASN untuk tahun ini.

Penulis : Aryo Sumbogo Editor : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Kompas TV


TERBARU