> >

Wiku Adisasmito, Dokter Hewan Penyambung Lidah Satgas Covid-19

Sosok | 23 April 2021, 05:00 WIB
Wiku Adisasmito - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 dalam Konferensi Pers Perkembangan Terkini Covid-19, Kamis, 12 November 2020. (Sumber: Youtube BNPB)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Naik atau turunnya kasus aktif Covid-19 di Indonesia tak lepas dari pantauannya. Setiap kebijakan terkait penanganan pandemi ini, dia akan selalu memberikan arahan dan pendapat.

Begitu pula ketika larangan mudik jelang Idul Fitri dilarang, Wiku harus berjibaku menjelaskan. Posisinya sebagai juru bicara satgas Covid-19, harus serajin mungkin memberitahun perkembangan kasus dan menjelaskan apapun yang terjadi. Itulah dokter hewan  Wiku Bakti Bawono Adisasmito, kelahiran Malang, Jawa Timur,  20 Februari 1964.

Nama Wiku banyak disebut seiring masuknya  kasus Covid-19 ke Indonesia. Wajahnya menghiasi media cetak dan elektronik. 

Baca Juga: Tren Covid-19 Memburuk, Wiku Adisasmito: Masyarakat Seperti Menggali Kuburnya Sendiri

"Sebagai negeri dengan penduduk terbanyak keempat di dunia, kenaikan kasus di Indonesia akan sangat berpengaruh pada kenaikan kasus global,” kata Wiku pada konferensi pers “Perkembangan Penanganan Covid-19 di Indonesia”, Kamis (22/4/2021).

Setiap kali mengadakan jumpa pers, nada bicaranya tenang. Namun setiap perkembangan dia terangkan dengan jelas. Kalimatnya tersusun rapi dengan bahasa sederhana. Bahkan seorang awam pun akan mampu menangkap dengan jelas perkataanya.

Sebelum ditunjuk menjadi jubir, dia diberi jabatan sebagai  Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.  

Dokter hewan lulusan Institut Pertanian Bogor (IPB) tahun 1995 ini, mulai tertarik mempelajari penyakit infeksius sejak pendidikan S3 di Colorado State University (CSU). 

Baca Juga: Wiku Adisasmito: Pemerintah Prioritaskan Aman, Tepat, dan Cepat Untuk Vaksin Covid-19

Di sana, dia bekerja sebagai peneliti di US CDC Division of Vector Borne and Infectious Disease, Fort Collins Colorado dan US CDC-WHO Dengue Reference Laboratory, San Juan Puerto Rico. 

Penulis : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU