> >

Sejarah Tak Terlupakan, 23 Maret 1946 Bandung Jadi Lautan Api

Peristiwa | 23 Maret 2021, 05:00 WIB
Peristiwa Bandung Lautan Api 23 Maret 1946  (Sumber: Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Hanya setahun setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaanya,  pada 23 Maret 1946 Kota Bandung ludes dibakar api oleh warganya sendiri yang kemudian dikenal dengan peristiwa "Bandung Lautan Api".

Peristiwa yang baru pertama dalam sejarah perjuangan Bangsa Indonesia itu,  semata-mata untuk mempertahankan kemerdekaan dari upaya pendudukan kembali Bandung oleh penjajah.  

Peristiwa ini dipicu oleh tuntutan Kolonel Mac Donald panglima  pasukan sekutu yang tergabung dalam AFNEI (Allied Forces Netherlands East Indies), agar  masyarakat Bandung  menyerahkan semua senjata Jepang yang sudah dilucuti oleh pemuda ke pihak Sekutu.

Baca Juga: Hari Ini, GeNose Diuji Coba di Bandara Husein Sastranegara Bandung

Tentara Sekutu membagi Kota Bandung menjadi dua wilayah, yaitu Bandung Utara dan Bandung Selatan. 

Pasukan sekutu mengultimatum agar mengosongkan Bandung Utara pada 29 November 1945. Wilayah ini akan dijadikan markas militer oleh Sekutu. 


Namun, rakyat menolak untuk menyerahkan Bandung Utara. Di sisi lain,  para pejuang Indonesia di Bandung juga bingung untuk mengikuti perintah berbeda yang datangnya dari pemerintahan di Jakarta dan Yogyakarta. 

Pemerintah RI dari Jakarta mengintruksikan agar Bandung jangan dikosongkan. Sedangkan Markas Komando TRI (Tentara Republik Indonesia)  di Yogyakarta memerintahkan agar Bandung dikosongkan.

Para pemuda dan pejuang akhirnya memilih jalan menyerang dan tidak akan mengosongkan Bandung, dengan cara  membakarnya. Teknik ini digunakan agar pasukan Sekutu tak bisa bermarkas di Bandung.

Baca Juga: Jelang Berangkat ke Bandung, 2 Pemain Persebaya Surabaya Cedera

Penulis : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU