> >

KPK: Harun Masiku Masih di Indonesia, Kami Tak Akan Berhenti Cari

Update | 2 Maret 2021, 20:20 WIB
Harun Masiku tengah berjalan menuju Terminal Kedatangan 2F, Bandara Soekarno Hatta pada 7 Januari 2020 (Sumber: istimewa)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sudah lebih dari satu tahun Harun Masiku buron. KPK percaya tersangka kasus suap pergantian antar waktu (PAW) DPR itu masih berada di Indonesia.

"Kami meyakini yang bersangkutan (Harun Masiku) masih di dalam negeri," kata Alex kepada wartawan di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Selasa (2/3/2021).

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan, keyakinan itu muncul karena KPK sudah mencekal Harun Masiku keluar dari Indonesia.

Baca Juga: Penghargaan Anti Korupsi Bung Hatta Award kepada Nurdin Abdullah Akan Ditinjau Ulang

"Kalau sistemnya berjalan dengan baik, pintu-pintu keluar yang resmi itu kan udah ditutup," tambah Alex. 

Meski begitu, Alex berkata masih ada kemungkinan Harun Masiku bisa kabur melalui jalur-jalur tak resmi.

"Kecuali dia kemudian keluarnya lewat pintu-pintu yang tidak terdeteksi seperti perahu kan. Kalau lewat pintu resmi yang dijaga imigrasi, nggak akan lolos," ujarnya lagi.

Pihak KPK sendiri masih terus mengejar bekas caleg PDI Perjuangan itu. KPK sudah membentuk dua satgas khusus untuk mencari Harun Masiku dan 6 buron lainnya.

Baca Juga: Korupsi BPJS Ketenagakerjaan Ditaksir Rugikan Negara Rp20 Triliun, 10 Kali Kerugian Korupsi E-KTP

Alex menyebut, satgas ini telah melibatkan kepolisian. Ia juga mengaku, KPK membuka kontak pelaporan bagi masyarakat yang memiliki informasi mengenai keberadaan Harun Masiku.

Penulis : Ahmad-Zuhad

Sumber : Kompas TV


TERBARU