> >

4 Jenderal Ini Diprediksi Jabat Kabareskrim Gantikan Komjen Listyo

Politik | 22 Januari 2021, 16:12 WIB
Kapolda Aceh Irjen Wahyu Widada saat memberi sambutan (Sumber: Serambinews.com) 

JAKARTA, KOMPAS.TV – Rapat Paripurna DPR telah mengesahkan keputusan Komisi III DPR yang menyetujui Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri menggantikan Jendral Pol Idham Azis.

Komjen Listyo anantinya bakal meningkalkan jabatan Kabareskrim Polri. Belakangan sejumlah nama perwira tinggi Polri yang akan menduduki kursi Kabareskrim mulai bermunculan.

Indonesia Police Watch memprediksi akan ada mutasi di tubuh Polri setelah pelantikan Komjen Listyo sebagai kapolri. Khususnya di posisi jabatan jendaral bintang tiga.

Baca Juga: Listyo Sigit jadi Kapolri, Siapa Penggantinya di Kabareskrim?

Ketua IPW Neta S Pane menilai untuk Kabareskrim ada empat nama yakni Irjen Wahyu Widada (Kapolda Aceh), Irjen Nico Afinta (Kapolda Jatim), Irjen Ahmad Dofiri (Kapolda Jabar), dan Irjen Wahyu Hadiningrat (Wakabareskrim).

Kemudian jabatan Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) yang ditinggalkan Komjen Didid Widjanardi setelah pensiun pada 14 Januari 2021.

Neta memprediksi perwira tinggi Polri yang akan menduduki jabatan Sestama Lemhanas adalah Wakalemdikpol Irjen Luki Hermawan. Namun, katanya, masih ada kemungkinan Luki dipindah ke posisi lain.

“Saat menjadi Kapolda Jatim, Luki berhasil mengamankan pelaksanaan Pilpres 2019 sehingga memberikan kemenangan signifikan bagi Jokowi untuk menjabat dua periode,” ujarnya.

Baca Juga: Mahfud MD Sorot Janji Komjen Listyo Terkait Narkoba di Kalangan Polri

Profil 4 Jenderal

Penulis : Johannes-Mangihot

Sumber : Kompas TV


TERBARU