Kompas TV nasional berita utama

Listyo Sigit jadi Kapolri, Siapa Penggantinya di Kabareskrim?

Kompas.tv - 22 Januari 2021, 15:44 WIB
listyo-sigit-jadi-kapolri-siapa-penggantinya-di-kabareskrim
Calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo memberi salam saat mengikuti fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri di Komisi III DPR RI, Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (20/1/2021). (Sumber: Tribunnews/HO/Humas DPR RI)
Penulis : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Kepala Badan Reserse Krimiminal (Kabareskrim), Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo, tinggal menunggu pelantikan menjadi Kapolri menggantikan Jenderal Pol Idham Azis. Ditinggal mantan Kapolresta Solo tahun 2011 itu ternyata di internal Polri sendiri belum memiliki nama calon pengganti untuk posisi Kabeskrim.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Huma Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono mengakui hingga saat ini belum ada nama-nama calon pengganti Listyo Sigit di posisi Kabareskrim. Untuk proses pemilihan Kabareskrim Polri nantinya akan melalui Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) Mabes Polri.

Baca Juga: Ada PR untuk Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri Baru

“Yang jelas proses internal ada namanya Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi, itu yang akan memproses itu semua,” jelas Rusdi Hartono seperti dikutip dari Kompas.com, Jumat (22/1/2021).

Dia menjelaskan, untuk kedepannya Wanjakti akan mendiskusikan siapa saja perwira tinggi (Pati) Polri yang dianggap mampu untuk menduduki jabatan tersebut.

Kemudian, apabila belum ada pati Polri yang menduduki jabatan Kabareskrim hingga Listyo Sigit dilantik sebagai Kapolri, ungkap Rusdi, maka tugas-tugasnya akan dilakukan oleh Wakil Kepala Bareskrim Polri.

“Operasional sehari-hari kan bisa dijalankan oleh wakilnya itu, tidak masalah,” tuturnya.

Baca Juga: Hasil Rapat Paripurna, DPR Setuju Komjen Listyo Sigit Menjadi Kapolri

Hal itu diketahui terjadi ketika Jenderal Idham Azis yang sebelumnya menjabat sebagai Kabareskrim dilantik menjadi Kapolri pada November 2019.

Posisi Kabareskrim yang ditinggalkan Idham akhirnya terisi setelah kosong selama lebih dari satu bulan. Hingga akhirnya Idham Azis menunjuk Listyo Sigit menjadi Kabareskrim.

Sebagaimana diketahui, Kabareskrim saat ini, Komjen Listyo Sigit Prabowo, telah disetujui oleh DPR sebagai Kapolri dalam rapat paripurna pada Kamis (21/1/2021).

Baca Juga: Habib Rizieq Tanggapi Komjen Listyo Sigit Jadi Calon Kapolri

Listyo Sigit dipilih sebagai calon tunggal Kapolri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menggantikan Idham Azis. Sigit juga telah mengikuti uji kepatutan dan kelayakan dengan Komisi III DPR, Rabu (20/1/2021). Pada Kamis (21/1/2021), rapat paripurna DPR mengesahkan keputusan Komisi III yang menyetujui pengangkatan mantan Kapolda Banten itu sebagai Kapolri.

Nantinya, perwira tinggi Polri yang terkenal pendiam itu akan mengikuti upacara pelantikan di Istana Negara, Jakarta.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.