Kompas TV nasional politik

PDIP Tutup Rakernas Hari Ini, Apakah Akan Putuskan Jadi Oposisi Prabowo-Gibran?

Kompas.tv - 26 Mei 2024, 08:21 WIB
pdip-tutup-rakernas-hari-ini-apakah-akan-putuskan-jadi-oposisi-prabowo-gibran
Megawati Soekarnoputri dan Puan Maharani jalan beriringan dalam sebuah acara, beberapa waktu lalu. Dalam pembukaan Rakernas ke-V PDI-P, Megawati sempat berkelakar minta tukar posisi dengan Puan Maharani. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - PDI Perjuangan atau PDIP menutup agenda Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-V pada hari ini, Minggu (26/5/2024). Dalam penutupan Rakernas nanti akan dibacakan rekomendasi hasil Rakernas. 

Adapun salah satu yang dibahas ialah terkait persiapan Pilkada Serentak 2024 hingga sikap politik terhadap pemerintahan Presiden-Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. 

Baca Juga: Megawati Singgung soal Utang Pemerintah di Rakernas PDIP: Ayo Mikir Gimana Cara Bayarnya

Selanjutnya, ditutup dengan pidato politik dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. 

Namun, sebelumnya Ketua DPP PDIP Said Abdullah menyebut, partainya belum memutuskan sikap politik apakah menjadi oposisi atau berkoalisi pada pemerintahan Presiden-Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. 


Menurut dia, kritikan keras yang dilontarkan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri terhadap proses terpilihnya Prabowo-Gibran hanya sebagai bentuk pengawasan. 

Baca Juga: Pidato Megawati di Rakernas V PDIP: Saya Provokator Demi Kebenaran dan Keadilan

"Di luar pemerintahan atau dalam pemerintahan, Ibu menyampaikan soal check and balances itu kan wajar saja. Bahkan dalam pemerintahan pun, posisi DPR melekat dalam dirinya untuk selalu melakukan pengawasan terhadap pemerintah," kata Said di Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (25/5/2024). 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x