> >

Tito Karnavian: Pribadi Santun, Komjen Listyo Sigit Layak jadi Kapolri

Peristiwa | 19 Januari 2021, 09:52 WIB
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Jenderal Pol (Purn) Tito Karnavian saat dengar pendapat dengan DPR RI. (Sumber: Divisi Humas Polri)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Mantan Kapolri Jenderal (Purn) Tito Karnavian menyebut sosok Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo layak menjadi Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis yang bakal pensiun mulai 31 Januari 2021 ini. 

Hal ini bukannya tanpa alasan. Sebab, mengingat, sejumlah torehan prestasi diraih oleh Listyo Sigit ketika menjabat Kabareskrim. 

"Saya kira dengan segala pengalaman itu, ditambah dengan pribadi beliau yang saya sangat paham. Pribadi yang santun, pribadi yang merangkul," tutur Tito dalam dilansir dari rilis media Divisi Humas Polri. 

Baca Juga: Jadi Calon Kapolri, Ini Cerita Guru Listyo Sigit Prabowo saat Sekolah di SMA N 8 Yogyakarta

Tito pun menilai, meskipun Listyo Sigit masih tergolong usia muda, tetapi sudah memiliki pengalaman yang matang seperti di teritorial, pengalaman di staff yang cukup lama, dan juga pengalaman di bidang reserse. 

"Termasuk kemampuan beliau merangkul semua pihak senior-junior, kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik," imbuh Tito.

Tito yang saat ini menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri) pada Senin pagi (18/1/2021) menerima kunjungan dari calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo di kediamannya. 

Kunjungan calon Kapolri ke mantan Kapolri sendiri merupakan tradisi yang dilakukan ketika menjelang pergantian pucuk pimpinan Korps Bhayangkara. 

Baca Juga: Ada Bocoran, dengan Cara Ini Komjen Listyo Sigit Prabowo Jadi Calon Kapolri

"Tadi juga Pak Sigit ke kediaman, tadi pagi jam 08.00 lewat dikit, dengan ibu Sigit. Saya sangat menghargai Pak Sigit yang datang ke para mantan Kapolri. Selain meminta masukan, juga minta restu. itu memang tradisi, kita menghormati senior, saya juga sering begitu dulu. Sama tadi pagi juga, prinsipnya Pak Sigit ingin meminta masukan-masukan. Dan saya juga meminta masukan-masukan," papar Tito. 

Penulis : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU