> >

Bioskop Boleh Dibuka, Asal Perhatikan 9 Pedoman Satgas Covid-19 Ini

Update corona | 26 Agustus 2020, 16:23 WIB
Ilusrasi bioskop atau CGV (Sumber: Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dalam rangka pembukaan kembali bioskop di masa pandemi ini, pihak Satgas Penanganan Covid-19 mengklaim telah melakukan sejumlah kajian.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, kajian telah dilakukan selama beberapa pekan terakhir dengan mempertimbangkan aspek kesehatan, sosial dan ekonomi. 

Baca Juga: Bioskop Dibuka, Karena Tingkatkan Imunitas, Ini Penjelasannya

“Bioskop dan cinema memiliki karakteristik dan kontribusi penting terutama dalam memberikan hiburan kepada masyarakat," ujar Wiku dalam keterangan persnya Rabu (26/8/2020). 

"Imunitas masyarakat juga bisa meningkat (setelah menonton di bioskop) karena bahagia. Atau suasana mental atau fisik dari para penonton dan masyarakatnya (dapat) ditingkatkan,” imbuhnya.

Namun demikian, lanjut Wiku, pembukaan bioskop harus memperhatikan aspek kesehatan secara ketat dan melalui tahapan prakondisi, timing, prioritas, koordinasi pusat serta daerah, termasuk monitoring dan evaluasi.

Wiku menjelaskan, dalam masa prakondisi ini harus dipastikan tentang kesiapan fasilitas bioskop, fasilitas pendukungnya, juga dalam penyelenggaraan, termasuk pula kesiapan masyarakat.

Lalu ada tahapan koordinasi pusat dan daerah yang telah dilakukan dan kemudian akan ditindaklanjuti oleh setiap pemerintah daerah.

Hal tersebut ia contohkan dengan pertemuan Satgas Penanganan Covid-19 dengan Pemerintah DKI Jakarta pada Rabu hari ini yang membahas pembukaan kembali bioskop di wilayah Jakarta. 

"Lalu, ada hasil kajian Tim Pakar dari sisi medis dan kesehatan masyakarat terhadap pembukaan kembali bioskop atau cinema. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan," ungkap Wiku. 

Penulis : Deni-Muliya

Sumber : Kompas TV


TERBARU