> >

Mengenal Wasting pada Anak, Masalah Gizi Selain Stunting

Kesehatan | 6 Februari 2024, 11:28 WIB
Tidak hanya stunting, wasting pada anak juga menjadi masalah gizi yang harus diwaspadai para ibu. Wasting adalah kondisi kekurangan gizi akut yang ditandai dengan berat badan rendah dibandingkan tinggi badan. (Sumber: Dok. Shutterstock)

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tidak hanya stunting, wasting pada anak juga menjadi masalah gizi yang harus diwaspadai para ibu.

Istilah wasting pada anak adalah kondisi kekurangan gizi akut yang ditandai dengan berat badan rendah dibandingkan tinggi badan.

Secara umum, wasting ditandai dengan penurunan berat badan yang drastis dalam waktu singkat. Wasting adalah masalah kesehatan serius yang dapat berdampak fatal jika tidak ditangani dengan tepat.

Dikutip dari laman UNICEF, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan wasting pada anak.

Pertama, kurangnya asupan gizi dan nutrisi anak, seperti kurangnya pemberian ASI eksklusif pada bayi, MPASI (Makanan Pendamping ASI) yang tidak adekuat, atau pola makan yang tidak sehat.

Baca Juga: 5 Perbedaan Stunting dan Gizi Buruk, Gagasan Prabowo yang Disorot Ganjar di Debat Capres 2024

Kedua, infeksi seperti diare, campak, dan pneumonia yang dapat meningkatkan kebutuhan energi dan protein anak, sehingga dapat menyebabkan wasting.

Gejala Wasting pada Anak

Secara umum, wasting pada anak ditandai dengan penurunan berat badan drastis, sehingga membuat bobot tubuh anak tidak sebanding dengan tinggi badannya. Kondisi ini biasanya membuat tubuh anak tampak sangat kurus. 

Penulis : Switzy Sabandar Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas TV


TERBARU