> >

Cakupan Program Satu Sehat akan Diperluas, Termasuk Soal Stunting

Kesehatan | 28 Maret 2023, 13:22 WIB
Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi.  Aplikasi PeduliLindungi yang kini berubah menjadi Satu Sehat mempunyai program yang memperhatikan keperluan kesehatan tumbuh kembang anak. (Sumber: Situs resmi FK UI)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Aplikasi PeduliLindungi yang kini berubah menjadi Satu Sehat mempunyai program yang memperhatikan keperluan kesehatan tumbuh kembang anak.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi, menuturkan, setelah bertransformasi menjadi Satu Sehat, pemerintah meningkatkan cakupan programnya.

“Kita sedang transformasi dari PeduliLindungi ke Satu Sehat dan beberapa item sudah kita tambahkan fungsinya,” terangnya dalam Peluncuran Kajian Covid-19 TII di Jakarta, Senin (27/3/2023), dikutip dari Antara.

Sebagaimana diketahui pada mulanya, PeduliLindungi diprogram hanya untuk melacak persebaran kasus Covid-19. Selama tiga tahun terakhir banyak keperluannya hanya difokuskan untuk check in ke ruang publik atau merangkum riwayat vaksinasi seseorang saja.

Pengentasan stunting

Adapun saat ini sedang dikembangkan sebuah program dasar (basic) untuk mengingatkan setiap orang tua kapan waktunya anak untuk mendapatkan imunisasi dasar lengkap.

Baca Juga: Cara Update PeduliLindungi ke Satu Sehat Mobile Pakai HP| SINAU

Berbagai data yang diperlukan akan dimuat di dalamnya, termasuk untuk keperluan pengentasan stunting sebagai salah satu program prioritas nasional Indonesia saat ini.

 

Dimasukkannya program stunting disebabkan karena masalah kesehatan pada anak itu tidak hanya disebabkan oleh kekurangan gizi kronis, melainkan juga penerapan pola asuh keluarga yang salah.

“Kita tahu di kota besar pola asuh yang salah bisa menyebabkan anak stunting dan pertumbuhannya tidak optimal. Dengan ada grafik berat badan dan tinggi badan anak, kita bisa setiap satu bulan akan jadi pengingat (reminder) bahwa anak kita tidak ada pertambahan berat badannya,” jelas Nadia.

Data Medis

Penulis : Fransisca Natalia Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU