> >

Tak Ada yang Lebih Berbahaya daripada Menjadi Kru Kapal Selam

Catatan jurnalis | 24 April 2021, 22:26 WIB
Kapal selam KRI Nanggala-402 buatan tahun 1952 saat latihan Pratugas Satgas Operasi Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Maphilindo 2017 di Laut Jawa, Jumat (20/1/2017). (Sumber: Antara via Kompas.com)

Oleh: Martian Damanik, Executive Producer KompasTV

Kalau Anda suka film perang, tentulah tak asing dengan film tentang kisah heroik kapal selam. Ya, selain tentang operasi pasukan khusus atau pertempuran melawan teroris, cerita kehebatan awak kapal selam sudah naik ke layar lebar sejak dulu. Beberapa di antaranya U-571, The Hunt for Red October, Crimson Tide atau Hunter Killer.

Dalam film-film tersebut dikisahkan prajurit kapal selam hidup dalam ruangan yang terbatas, saling berbagi oksigen dan berada di bawah laut, berhari-hari bahkan dalam hitungan tahun.

Bukan cuma kuat secara fisik serta menguasai teknologi kapal, seorang prajurit kapal selam tentulah memiliki mental dan kejiwaan yang sangat baik.

Dalam dunia nyata tidak banyak yang dapat mendokumentasikan bagaimana sebenarnya hidup dalam kapal selam atau bagaimana awak kapal selam ketika melakukan operasi bawah laut.

Soal nyali tidak usah ditanya, awak kapal selam harus siap untuk “hilang” dalam tugas.

Bagaimana tidak, kapal selam didesain untuk sulit dideteksi, agar dapat melaksanakan tugas dan operasinya dengan senyap.

Dalam program Kompas Petang Letjen (Purn) Marinir Nono Sampono, mantan komandan Denjaka dan Korps Marinir TNI AL, mengatakan di mana pun kapal selam sulit dideteksi, dalam keadaan aktif, apalagi dalam keadaan bermasalah.

Perdana Menteri legendaris dari Inggris Winston Churcill pernah berkata, ”Of all the branches of men in the forces there is none which shows more devotion and faces grimmer perils than the submariners.”

Artinya kurang lebih, dari semua satuan dalam tentara, tidak ada yang menunjukkan pengabdian lebih dan menghadapi bahaya yang paling suram daripada satuan kapal selam.

Penulis : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Kompas TV


TERBARU