> >

Peringkat Talenta Global Indonesia Naik 14 Tingkat, Disebut Punya Potensi Ikuti Pertumbuhan China

Kompas dunia | 6 Desember 2023, 00:00 WIB
Ilustrasi pekerja kantoran. (Sumber: Dok. Shutterstock)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Indonesia mengalami kenaikan dalam peringkat talenta global yang dirilis di tahun 2023 ini.

Dalam laporan dari INSEAD (Institut Européen d'Administration des Affaires), sekolah bisnis top yang mempunyai kampus di Prancis, Singapura, San Francisco dan Abu Dhabi, Indonesia menjadi negara Asia yang mengalami kemajuan terbesar dalam mengembangkan dan memanfaatkan talenta selama dekade terakhir.

Berdasarkan Global Talent Competitiveness Index yang dirilis INSEAD, Indonesia naik 14 peringkat ke posisi 75 dari 113 negara untuk periode 2019-2023.

Indonesia menjadi negara kedua terbaik setelah Albania yang berhasil naik 16 tingkat dalam laporan tersebut.

Meski jadi negara Asia tertinggi dalam perkembangan talenta global, tapi Indonesia masih jauh dengan negara-negara maju lainnya.

Swiss masih menjadi negara teratas dalam lanskap talenta global, disusul Singapura di posisi kedua dan Amerika Serikat (AS) di peringkat ketiga.

Sementara untuk kawasan Asia Tenggara, Indonesia juga masih dibawah dari Malaysia, Vietnam dan Thailand.

Namun, menurut South China Morning Post, sebagai negara berkembang, Indonesia disebut sudah mengambil langkah terbesar dalam meningkatkan kualitas hidup dan keberlanjutan lapangan kerja.

Baca Juga: Temui Warga Papua, Ganjar Pranowo Janji Akan Maksimalkan SDM dan SDA!

Akan tetapi, Indonesia masih kekurangan SDM dalam hal keterampilan tingkat tinggi yang dibutuhkan oleh pekerja berpengetahuan dalam peran profesional, manajerial, atau kepemimpinan.

Penulis : Rizky L Pratama Editor : Gading-Persada

Sumber : South China Morning Post


TERBARU