> >

Dimakamkan di Kampung Halaman, Jenazah Pele Diantarkan Rakyat Brasil

Kompas dunia | 4 Januari 2023, 04:51 WIB
Rakyat Brasil mengantar iring-iringan jenazah Pele menuju pemakaman di Santos, Brasil, Selasa (3/1/2023). (Sumber: The Associated Press)

SANTOS, KOMPAS.TV - Brazil mengucapkan perpisahan terakhir kepada Pele, ketika jenazahnya dikebumikan di kota tempat dia dibesarkan, Santos, Selasa (3/12/2022).

Presiden Brasil yang baru dilantik Luiz Inácio Lula da Silva juga ikut memberikan penghormatan di Vila Belmiro, stadion tempat Pele sering bermain sepanjang karirnya.

Misa juga diadakan di stadion Vila Belmiro. Setelah itu peti mati hitam dibawa melalui jalan-jalan kota Santos dengan truk pemadam kebakaran.

Mengiringi peti matinya menuju peristirahatan terakhir, sebuah band memainkan lagu resmi Santos dan himne katolik. Para pelayat pun menyanyikan lagu-lagu samba yang disukai Pele.

Namun beberapa legenda sepakbola Brasil tidak terlihat hadir dalam pemakaman Pele.

“Di mana Ronaldo Nazario? Di mana Kaká, di mana Neymar?" tanya Claudionor Alves, 67, yang bekerja di toko roti di sebelah stadion. 

Baca Juga: Presiden FIFA Minta Setiap Negara Punya Stadion dengan Nama Pele

"Apakah mereka pikir mereka akan dikenang seperti Pelé? Orang-orang ini tidak ingin menghentikan liburan mereka, itulah masalahnya,” ujarnya seperti dikutip dari The Associated Press.

Satu tokoh lain yang absen adalah Jair Bolsonaro, mantan Presiden Brasil yang masa jabatannya berakhir pada 31 Desember.

Sehari sebelumnya, dia meninggalkan ibu kota Brasilia dengan penerbangan ke Florida. Dia tidak melakukan tugas untuk menyerahkan selempang kepresidenan kepada Lula. 

Penulis : Tussie Ayu Editor : Gading-Persada

Sumber : The Associated Press


TERBARU