Kompas TV olahraga sepak bola

Presiden FIFA Minta Setiap Negara Punya Stadion dengan Nama Pele

Kompas.tv - 3 Januari 2023, 16:35 WIB
presiden-fifa-minta-setiap-negara-punya-stadion-dengan-nama-pele
Presiden FIFA Gianni Infantino saat melayat ke pemakaman Pele pada Senin (2/1/2023). (Sumber: The Guardian)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Purwanto

SAO PAULO, KOMPAS.TV - Presiden FIFA Gianni Infantino akan meminta setiap negara untuk memiliki stadion dengan nama Pele, sebagaimana ia sampaikan ketika melayat ke pemakaman legenda sepak bola Brasil itu, Senin (2/1/2023).

"Kami akan meminta setiap negara di dunia untuk menamai salah satu stadion sepak bola mereka dengan nama Pelé," kata Infantino, dikutip dari The Guardian.

Keranda Pele sempat disemayamkan di stadion Vila Belmiro di Santos pada Senin, markas klub tempat ia menghabiskan nyaris seluruh kariernya.

Saat Pele dinyatakan wafat, Presiden FIFA membuat pernyataan, "Untuk semua orang yang menyukai permainan yang indah, ini adalah hari yang tidak pernah kami inginkan. Pada hari kami kehilangan Pele."

Baca Juga: FIFA 100: Daftar Pesepak Bola Hebat Pilihan Pele, Siapa Saja?

Pele, yang bernama asli Edson Arantes do Nascimento, meninggal dunia di usia 82 tahun pada Kamis (29/12/2022) lalu. 

Sebelum tutup usia, pesepak bola kelahiran Tres Coracoes, Brasil, pada 23 Oktober 1940 itu telah mengidap serangkaian penyakit. Beberapa di antaranya seperti batu ginjal dan infeksi kandung kemih.

Adapun pemain dengan tiga trofi Piala Dunia bersama Brasil itu kembali dilarikan ke rumah sakit pada September 2021 lalu akibat tumor usus besar. Setelah mengalami komplikasi, kesehatan Pele kian memburuk, hingga dia dinyatakan meninggal dunia.

Baca Juga: Sudah Berusia 100 Tahun, Ibu Pele Tidak Tahu Putranya Telah Meninggal


 



Sumber : Kompas TV/The Guardian


BERITA LAINNYA



Close Ads x