> >

Kim Jong-Un Ingin Perkuat Persenjataan Korea Utara di Luar Angkasa, Bentuk Departemen Baru

Kompas dunia | 11 November 2022, 14:41 WIB
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengunjungi Administrasi Pengembangan Ruang Angkasa Nasional pada 10 Maret lalu. (Sumber: Rodong Sinmun-News1 Via Daily NK)

PYONGYANG, KOMPAS.TV - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dilaporkan ingin memperkuat persenjataan di angkasa.

Ia pun memerintahkan reorganisasi dari Komando Pasukan Strategis, termasuk pembentukan departemen baru, yaitu Departemen Strategi Luar Angkasa.

Sebuah sumber Daily NK dari militer Korea Utara mengungkapkan pada Senin (7/11/2022), Komando Tertinggi Korea Utara telah memberikan perintah itu pada pertengahan Oktober.

Perintah itu termasuk instruksi untuk mengatur ulang Komando Pasukan Strategis, dengan maksud mengembangkan kekuatan tempur nuklir negara secara tak terbatas dan dipercepat.

Baca Juga: Indonesia Dipuji Rusia karena Promosikan Agenda Pemersatu di G20

Sumber tersebut mencatat bahwa implementasi perintah itu akan dilakukan pada 1 November.

Terkait pembentukan Departemen Strategi Luar Angkasa, sumber itu mengungkapkan bahwa misi dari departemen baru itu adalah militerisasi dan persenjataan di luar angkasa.

“Akan ada banyak satelit pengintai militer yang akan dikerahkan, serta mengarahkan operasi strategis luar angkasa,” ujar sumber tersebut.

 

Pembentukan departemen menunjukkan bahwa Korea Utara bertujuan untuk mempercepat pelaksanaan rencana lima tahun (2021-2025) untuk mengembangkan ilmu pertahanan dan sistem senjata baru.

Penulis : Haryo Jati Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Daily NK


TERBARU