> >

Hujan Deras Aneh di Uni Emirat Arab Picu Banjir Bandang, Tujuh Orang Tewas

Kompas dunia | 30 Juli 2022, 12:16 WIB
Banjir bandang di Jalanan Kalba, Sharjah, Uni Emirat Arab (UEA). Banjir terjadi setelah hujan deras aneh mengguyur sejumlah wilayah UEA dan menyebabkan tujuh orang tewas. (Sumber: Khushnum Bhandari/The National)

ABU DHABI, KOMPAS.TV - Hujan deras yang tergolong aneh karena terjadi bukan pada musimnya di Uni Emirat Arab (UEA), menimbulkan banjir bandang yang menyebabkan tujuh orang tewas.

Hujan deras yang tak biasa dan banjir menerjang sejumlah bagian di negara itu, Rabu (27/7/2022).

Menurut Direktur Jenderal Operasi Pusat Federal Kementerian Dalam Negeri UEA Brigadir Jenderal Dr Ali Salem Al-Tuniji, tujuh orang tewas merupakan imigran Asia.

Dilansir Al-Arabiya, Jumat (29/7/2022), Al-Tuniji mengungkapkan di Twitter bahwa jumlah tujuh orang tewas itu merupakan pembaruan dari laporan awal.

Baca Juga: Rusia Sesumbar Punya Hubungan Baik dengan Negara-Negara Afrika, Tuduh Hasutan Barat Tak Mempan

Bertambahnya korban tewas terjadi setelah seorang ekspatriat Asia yang hilang ditemukan tewas.

Ia mengungkapkan kota yang paling terdampak banjir adalah Sharjah, Fujairah dan Ras al-Khaimah. Di sana, tim lapangan masih melakukan evakuasi dan pencarian.

Al-Tuniji pun mengungkapkan 80 persen warga yang terdampak banjir sudah mulai kembali ke kediaman mereka dalam dua hari terakhir.

“Selain itu beberapa jalan sudah dibuka, di sekitar area yang terdampak di UEA. Hanya ada jalan utama yang menghubungkan kota Fujairah dan Khor Fakkan,” kata Al-Tuniji.

Ia pun menegaskan pekerjaan saat ini tengah dilakukan, dan dalam waktu dekat jalanan tersebut akan dibuka kembali.

Penulis : Haryo Jati Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Al-Arabiya


TERBARU