> >

Temui Zelenskyy di Kiev, Jokowi: Ini Bentuk Kepedulian Indonesia untuk Ukraina

Krisis rusia ukraina | 30 Juni 2022, 01:05 WIB
Presiden Joko Widodo berbicara dalam konferensi pers bersama Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Istana Maryinsky, Kiev, Rabu (29/6/2022). Jokowi menyebut kunjungannya kali ini adalah bentuk kepedulian rakyat Indonesia untuk Ukraina. (Sumber: Laily Rachev/Biro Pers Sekretariat Presiden)

KIEV, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo menggelar konferensi pers bersama dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Istana Maryinsky, Kiev, Rabu (29/6/2022). Keduanya menggelar konferensi pers usai berbicara secara tatap muka selama kurang lebih dua jam.

Jokowi menyatakan, kunjungannya ke Ukraina kali ini adalah bentuk kepedulian rakyat Indonesia untuk Ukraina yang kini tengah digempur Rusia.

“Saya sampaikan ke Presiden Zelenskyy bahwa kunjungan ini saya lakukan sebagai manifestasi kepedulian Indonesia terhadap situasi di Ukraina,” kata Jokowi sebagaimana dikutip rilis Sekretariat Kabinet RI yang diterima Kompas TV.

Jokowi pun menegaskan posisi Indonesia mengenai perang Rusia-Ukraina. Sang Presiden menggarisbawahi pentingnya penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah masing-masing negara.

Baca Juga: Jokowi ke Ukraina Temui Volodymyr Zelenskyy, Pakar: Misi Perdamaian Presiden Dimulai dari Jerman

Meskipun mengakui bahwa perdamaian masih sulit dicapai, Jokowi menyampaikan upaya penyelesaian damai tetap penting dan spirit perdamaian tidak boleh luntur.

“Dalam kaitan ini, saya menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelenskyy untuk Presiden Putin yang akan saya kunjungi segera,” kata Jokowi.

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Kompas TV


TERBARU