> >

Jokowi Tiba di Ukraina: Misi Perdamaian Ini dengan Niat Baik, Semoga Dimudahkan

Kompas dunia | 29 Juni 2022, 14:03 WIB
Presiden Jokowi dan rombongan saat hendak bertolak ke Ukraina dari Polandia, Selasa (28/6/2022) waktu setempat (Sumber: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo berharap misi perdamaian yang dilakukannya dengan datang ke Kiev, Ukraina, berjalan baik. Jokowi telah tiba di Ukraina setelah melakukan perjalanan dengan kereta api.

Melalui akun Instagramnya @jokowi, Presiden Jokowi berharap niat baik untuk mendamaikan Ukraina dan Rusia dapat dimudahkan.

“Kami memulai misi perdamaian ini dengan niat baik, semoga dimudahkan,” tulis Presiden Jokowi, Rabu (29/6/2022).

Presiden dalam unggahannya menjelaskan, dirinya bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo beserta rombongan terbatas berangkat dari Polandia, pukul 21.00 waktu setempat.

Baca Juga: Keberanian Ibu Negara Iriana Ikut Jokowi ke Ukraina, Ini 3 Maknanya

Sebagaimana diberitakan, Presiden Jokowi dan rombongan yang menggunakan kereta api untuk sampai ke Kiev, menempuh perjalanan 12 jam.

“Dari stasiun kora Przemysl, Polandia, pukul sembilan malam tadi, saya memulai visi perdamaian ini dengan perjalanan kereta langsung ke Kyiv, ibukota Ukraina,” tulis Presiden Jokowi.

Sebagaimana diberitakan, Presiden Joko Widodo telah menyelesaikan pertemuan KTT G7 di Elmau, Jerman. Kemudian, Presiden Jokowi melanjutkan agenda kunjungan kerjanya dengan mengunjungi Kiev, Ukraina.

Baca Juga: Agenda Jokowi di Ukraina, Temui Zelenskky dan Kirim Bantuan 5 Juta Dolar AS

“Selanjutnya Presiden akan meneruskan perjalanan ke Ukraina melalui Polandia,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Penulis : Ninuk Cucu Suwanti Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU