> >

Aksi Protes Bugil Bela Perempuan Ukraina Warnai Festival Film Cannes: "Berhenti Perkosa Kami!"

Kompas dunia | 21 Mei 2022, 23:35 WIB
Seorang wanita dari kelompok aktivis feminis SCUM melakukan aksi bugil di karpet merah Festival Film Cannes, pada Jumat (20/5/2022). (Sumber: AP)

CANNES, KOMPAS.TV - Seorang wanita datang ke Festival Film Cannes ke-75 untuk melakukan aksi protes bugil sendirian pada Jumat (20/5/2022) siang waktu setempat. Aksi protes berlangsung di karpet merah menuju pemutaran perdana Three Thousand Years of Longing, film garapan sutradara George Miller.

Ketika itu, Idris Elba dan Tilda Swinton yang membintangi film tersebut tengah bersiap melewati karpet merah di salah satu acara festival film terelite sejagad raya. Sekejap kemudian, wanita yang melakukan protes tersebut memulai aksi dengan merobek gaun di tengah karpet.

Baca Juga: Beredar Foto dan Video Cabul Perempuan Telanjang di Balkon, Polisi Dubai Tangkap Sekelompok Orang

Ia berpose bersama tubuh bugilnya yang sudah dicat dengan warna biru dan kuning, warna yang identik dengan bendera nasional Ukraina. Di dada dan perutnya yang polos, tertera tulisan "Berhenti Perkosa Kami". 

Protes singkat itu sukses menyedot banyak gambar yang dijepret para fotografer. Aksi tak terduga itu berakhir dengan teriakan sang wanita saat pihak keamanan menutupinya dengan mantel dan membawanya pergi.

Saluran TV France 3 mengabarkan, wanita yang melakukan aksi bugil di Festival Film Cannes itu berasal dari wilayah Prancis, berusia 18 tahun.

Baca Juga: Kontroversial, Artis Prancis Bugil dan Bersimbah Darah saat Tampil di Penghargaan Film

Dari foto-foto yang beredar, diketahui wanita yang melakukan aksi bugil itu berasal dari kelompok SCUM, aktivis feminisme radikal di Prancis. Sebuah tato bertuliskan SCUM tampak melekat di pinggang belakang wanita itu.

Beberapa jam setelahnya, SCUM merilis foto aksi protes itu via Twitter dengan cuitan "Mengecam kekerasan seksual yang ditimbulkan pada perempuan Ukraina dalam konteks perang."

Sebelum aksi protes berlangsung, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky telah mengirimkan video ke acara festival film dengan isi permohonan bantuan untuk negaranya yang sedang diinvasi Rusia. Video Zelensky diputar pada upacara pembukaan Festival Film Cannes 2022.

Penulis : Rofi Ali Majid Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Thehollywoodreporter/The Irish Times/Insider


TERBARU