> >

Mengejutkan, Fosil Reptil Laut Terbesar Dunia Ichthyosaurus Sebesar Paus Ditemukan di Tempat Ini

Kompas dunia | 6 Mei 2022, 19:53 WIB
Fosil dari salah satu makhluk terbesar yang pernah berenang di lautan Bumi, reptil laut seukuran ikan paus yang disebut ichthyosaurus, ditemukan di tempat yang tidak terduga, di atas tiga gunung di Pegunungan Alpen Swiss setinggi 2.740 meter di atas permukaan laut. (Sumber: CNN)

SWISS, KOMPAS.TV - Fosil dari salah satu makhluk terbesar yang pernah berenang di lautan Bumi, reptil laut seukuran ikan paus yang disebut ichthyosaurus, ditemukan di tempat yang tidak terduga.

Fosil ichthyosaurus ditemukan di atas tiga gunung di Pegunungan Alpen Swiss setinggi 2.740 meter di atas permukaan laut, seperti laporan CNN dan Jerusalem Post, Kamis (5/5/2022).

Menurut sebuah studi baru yang diterbitkan di Taylor dan Francis, fosil yang berasal dari 205 juta tahun yang lalu (periode Trias awal) itu berasal dari tiga ichthyosaurus yang berbeda, dan merupakan reptil laut terbesar yang pernah ada.

Fosil tersebut milik tiga ichthyosaurus, dan mereka mungkin merupakan salah satu hewan terbesar yang pernah hidup di Bumi, menurut studi tersebut.

Makhluk purba itu bisa mencapai bobot 80 ton dan panjang 20 meter, menyaingi paus sperma modern. "Kadal ikan" ini pertama kali muncul di lautan sekitar 250 juta tahun yang lalu, tampak seperti lumba-lumba dengan tubuh memanjang dan kepala kecil.

Mereka muncul setelah kepunahan massal era Permian yang memusnahkan lebih dari 95 persen spesies laut.

Tetapi pada 200 juta tahun yang lalu, ichthyosaurus raksasa telah punah dan hanya yang lebih kecil, lebih mirip lumba-lumba yang hidup hingga 90 juta tahun yang lalu.

Baca Juga: Fosil Sempurna Embrio Dinosaurus yang Hampir Menetas Seperti Burung Ditemukan di China Selatan

Fosil gigi dari satwa reptil laut tersebut. Fosil dari salah satu makhluk terbesar yang pernah berenang di lautan Bumi reptil laut seukuran ikan paus yang disebut ichthyosaurus, ditemukan di tempat yang tidak terduga, di atas tiga gunung di Pegunungan Alpen Swiss setinggi 2.740 meter di atas permukaan laut. (Sumber: CNN)

Fosil milik tiga ichthyosaurus yang berbeda telah ditemukan. Yang satu panjangnya sekitar 20 meter, sementara yang lain panjangnya 15 meter.

Namun, penemuan paling menarik yang terkait dengan fosil ini adalah gigi ichthyosaurus terbesar yang pernah ditemukan.

Penulis : Edwin Shri Bimo Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Jerusalem Post/CNN


TERBARU