> >

Waduh, Omicron Sudah Jadi Varian Dominan Covid-19 di Amerika Serikat

Kompas dunia | 21 Desember 2021, 09:31 WIB
Varian Omicron sekarang menjadi varian virus corona yang dominan di Amerika Serikat, seperti dilansir France24, Selasa, 21 Desember 2021, tercatat sebanyak 73,2 persen dari seluruh kasus baru selama seminggu terakhir, kata otoritas kesehatan Amerika Serikat CDC. (Sumber: Straits Times)

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Varian Omicron sekarang menjadi varian virus corona yang dominan di Amerika Serikat, seperti dilansir France24, Selasa, (21/12/2021). Varian Omicron tercatat sebanyak 73,2 persen dari seluruh kasus baru selama seminggu terakhir, kata otoritas kesehatan Amerika Serikat kemarin, Senin, (20/12/2021).

Lonjakan ini membuat Amerika Serikat akan menghadapi ledakan besar jumlah kasus Covid-19 varian Omicron setelah liburan Natal dan Tahun Baru.

Varian Omicron menyapu Amerika Serikat secepat kilat dan menjadi varian yang mendominasi kasus baru, 73% dari kasus infeksi baru Covid-19 sepekan terakhir di Amerika Serikat berdasarkan data sekuensing untuk pekan yang berakhir pada 18 Desember, seperti diumumkan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit CDC Amerika Serikat pada hari Senin (20/12/2021).

Dengan beredarnya varian baru virus Covid-19 ini, kasus penularan sekarang berlipat ganda hanya dalam waktu satu setengah hingga tiga hari di daerah yang diidentifikasi sudah pada tahap transmisi komunitas atau penularan di tingkat masyarakat, kata Organisasi Kesehatan Dunia, WHO, Sabtu, (17/12/2021)

Antrean untuk tes Covid-19 mengular sampai jauh di New York, Washington, D.C., dan kota-kota lain Amerika Serikat selama akhir pekan, terutama saat warga ingin memastikan apakah mereka terinfeksi atau tidak, sebelum merayakan liburan bersama keluarga.

"Saya hanya ingin memastikan bahwa saya negatif sebelum melihat ibu istri saya (mertua) yang berusia 70 tahun," kata David Jochnowitz sambil menunggu tes Covid-19 di Washington.

Baca Juga: Omicron Sudah Terdeteksi di 89 Negara

Varian Omicron sekarang menjadi varian virus corona yang dominan di Amerika Serikat, seperti dilansir France24, Selasa, 21 Desember 2021, tercatat sebanyak 73,2 persen dari seluruh kasus baru selama seminggu terakhir, kata otoritas kesehatan Amerika Serikat CDC. (Sumber: France24 via AFP)

Dengan lonjakan penyebaran infeksi yang sangat cepat, Wali Kota Washington Muriel Bowser hari Senin memberlakukan kembali aturan wajib masker dalam ruangan hingga akhir Januari dan mengharuskan pekerja pemerintah untuk menjalani vaksinasi Covid-19, termasuk mendapat suntikan penguat atau booster.

"Saya pikir kita semua bosan dengan itu," kata Bowser kepada wartawan. "Saya juga lelah, tetapi kita harus menanggapi apa yang terjadi di kota kita dan apa yang terjadi di negara kita."

Di New York City, kasus Covid-19 naik 60% dalam minggu yang berakhir pada hari Minggu kemarin ketika varian Omicron menyebar dengan cepat di sekitar timur laut AS.

New York mencatat rekor untuk kasus baru terbanyak yang dilaporkan dalam satu hari sejak pandemi dimulai, dan itu terjadi selama tiga hari berturut-turut.

"Ini adalah pertanda jelas dari apa yang akan segera kita lihat di seluruh negara (Amerika Serikat), dan setidaknya yang akan dialami di negara bagian dan kota yang tingkat vaksinasinya masih rendah," kata Georges Benjamin, direktur eksekutif untuk Asosiasi Kesehatan Masyarakat Amerika.

Banyak produksi seni panggung Broadway membatalkan pertunjukan karena pemain dan kru telah terinfeksi varian baru Omicron. Produksi "Hamilton" yang populer pada hari Senin memperpanjang pembatalan hingga setelah Natal karena lonjakan infeksi Covid-19.

Infeksi terobosan, atau kembali terinfeksinya orang yang telah divaksinasi maupun penyintas Covid-19, meningkat di antara 61 persen dari populasi yang sudah menjalani vaksinasi penuh di Amerika Serikat, termasuk 30 persen yang sudah mendapatkan suntikan booster.

Omicron tampaknya menyebabkan gejala yang lebih ringan pada populasi yang divaksinasi, dan pakar kesehatan tetap optimistis gelombang ini mungkin tidak menyebabkan lonjakan rawat inap dan kematian yang sama seperti lonjakan sebelumnya.

Baca Juga: Omicron Dikonfirmasi Pada Pria yang Hadir di Acara Konvensi Anime di New York

Gubernur New York Kathy Hochul. Varian Omicron sekarang menjadi varian virus corona yang dominan di Amerika Serikat, seperti dilansir France24, Selasa, 21 Desember 2021, tercatat sebanyak 73,2 persen dari seluruh kasus baru selama seminggu terakhir, kata otoritas kesehatan Amerika Serikat CDC. (Sumber: Kantor Gubernur New York via AP.)

Penulis : Edwin Shri Bimo Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV/France24


TERBARU