> >

Menlu Retno: Indonesia Ingin Taliban Tepati Janjinya setelah Kembali Berkuasa di Afghanistan

Kompas dunia | 20 Desember 2021, 07:23 WIB
Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengungkapkan keinginan Indonesia agar Taliban memenuhi janjinya saat kembali berkuasa di Afghanistan. (Sumber: Kemlu.go.id)

ISLAMABAD, KOMPAS.TV - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengungkapkan, Indonesia ingin agar Taliban menepati janjinya setelah kelompok itu kembali menguasai Afghanistan.

Hal itu diungkapkannya saat melakukan pertemuan dengan perwakilan Taliban, Amir Khan Muttaqi, di Islamabad, Pakistan, Sabtu (18/12/2021).

Pertemuan itu dilakukan di sela-sela konferensi tingkat menteri Organisasi Kerja Sama Islam (OKI).

Taliban sempat mengungkapkan beberapa janji saat melakukan konferensi pers perdana pada 16 Agustus lalu, setelah menguasai Kabul.

Baca Juga: Ahli Kesehatan AS Sebut Omicron akan Menyebar dengan Cepat saat Natal

Antara lain membentuk pemerintahan inklusif, menghormati hak perempuan dan anak perempuan, dan tak menjadikan Afghanistan sebagai markas teroris.

Indonesia, kata Menlu Retno, ingin agar janji-janji tersebut bisa dipenuhi oleh Taliban.

“Indonesia harapkan agar janji Taliban yang disampaikan pada 16 Agustus dapat dilakukan, dan dapat mengalami kemajuan yang signifikan,” katanya dalam keterangan pers, Minggu (19/12/2021), dikutip dari Kompas.com.

Terkait masalah Afghanistan, Menlu Retno mengungkapkan, pertemuan OKI kali ini merupakan momentum yang baik untuk menangani tiga isu sebagai satu kesatuan.

Yang pertama, menurutnya, OKI dapat memobilisasi dukungan dan sumber daya untuk menangani krisis kemanusiaan di Afghanistan.

Penulis : Haryo Jati Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas.com/Kemlu.go.id


TERBARU