> >

Beredar Video Dua Lelaki Afghanistan Terjun Bebas dari Pesawat Militer AS yang Mengudara

Kompas dunia | 17 Agustus 2021, 03:45 WIB
Tangkapan layar dari rekaman video ini tampak menunjukkan seseorang terjatuh dari ketinggian saat pesawat angkut militer milik Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) mengudara dari bandara internasional di Kabul, Afghanistan, Senin (16/8/2021). (Sumber: Twitter Tehran Times via Greater Kashmir)

KABUL, KOMPAS.TV – Sebuah rekaman video memperlihatkan dua lelaki Afghanistan terjun bebas dari sebuah pesawat milik Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) yang tengah mengudara di langit kota Kabul, Afghanistan, Senin (16/8/2021).

Rekaman video itu diunggah dan dibagikan melalui akun Twitter media pemerintah Iran, Tehran Times.

Melansir Greater Kashmir, dua lelaki Afghanistan itu dilaporkan mengikatkan diri pada bagian roda pesawat di Bandara Internasional Hamid Karzai di Kabul saat pesawat itu hendak lepas landas.

Rekaman video itu menunjukkan, kedua lelaki itu tampak menggantung di seutas tali di badan pesawat.

Saat pesawat mengudara di ketinggian, keduanya tampak terjatuh dan terjun bebas menghunjam bumi menyambut ajal.

Baca Juga: Bandara Kabul Kacau, Sedikitnya 7 Orang Tewas, AS Kirimkan 1.000 Pasukan Lagi

Sebelumnya dilaporkan, ribuan orang menyerbu bandara Kabul dalam upaya melarikan diri dari Afghanistan pasca pendudukan Taliban pada Minggu (15/8/2021).

Ratusan warga Afghanistan tampak mencoba menaiki badan pesawat pengangkut militer C-17 milik Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) saat pesawat itu hendak lepas landas di bandara internasional Kabul, Afghanistan, Senin (16/8/2021). (Sumber: Verified UGC via AP)

Sebuah video lain juga memperlihatkan ratusan orang menyerbu pesawat angkut militer Boeing C-17 Globemaster III milik Angkatan Udara AS saat pesawat itu hendak lepas landas di bandara internasional Kabul pada Senin (16/8/2021).

Sebuah helikopter yang sengaja terbang rendah di depan pesawat, tak mampu mengusir mereka. Suara tembakan menggema di udara.

Baca Juga: Bandara Kabul Makin Kusut, Ribuan Merangsek Ingin Keluar Afghanistan, Naik ke Atas Badan Pesawat

Penulis : Vyara Lestari Editor : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Tehran Times/Greater Kashmir/Associated Press


TERBARU