Kompas TV internasional kompas dunia

Bandara Kabul Makin Kusut, Ribuan Merangsek Ingin Keluar Afghanistan, Naik ke Atas Badan Pesawat

Kompas.tv - 16 Agustus 2021, 22:05 WIB
bandara-kabul-makin-kusut-ribuan-merangsek-ingin-keluar-afghanistan-naik-ke-atas-badan-pesawat
Bandara Kabul makin kusut, ribuan warga Afghanistan merangsek ke Bandara untuk mendapat pesawat manapun agar bisa keluar dari Afghanistan, menyusul penguasaan Taliban atas ibu kota dan seluruh negeri. (Sumber: Wakil Kohsar/AFP via Radio France International)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

KABUL, KOMPAS.TV - Bandara internasional Kabul semakin rusuh saat gelombang penumpang warga Afghanistan yang ingin keluar negeri terus merangsek untuk mendapatkan pesawat kemana saja asal keluar dari sana, seperti dilansir Straits Times, Senin (16/08/2021).

Pasukan Amerika Serikat yang menjaga bandara terpaksa melepaskan tembakan ke udara sementara semua penerbangan komersial dibatalkan di Bandara Kabul pada Senin (16/08/2021). 

Ribuan warga Afghanistan sejak kemarin memadati penjuru bandara hingga landasan dengan harapan dapat mengejar penerbangan setelah Taliban resmi menguasai seluruh negeri termasuk ibu kota.

Rekaman dramatis yang diposting di media sosial menunjukkan adegan kekacauan di apron pesawat, dimana warga sipil dengan panik memanjat tangga pesawat yang sudah penuh sesak.

Saat ratusan orang termangu melihat kacaunya situasi, mereka yang berhasil menaiki tangga membantu yang lain naik, sementara beberapa orang berpegangan dan bergantung di pagar tangga dengan tangan mereka.

Keluarga-keluarga panik yang mencoba melarikan diri dari ibu kota membawa barang bawaan yang terlalu banyak, dengan anak-anak yang ketakutan di belakangnya.

Baca Juga: Jusuf Kalla Beberkan Strategi Cerdik Taliban hingga Dapat Rebut Afghanistan dengan Cepat

 

Situasi tersebut menyebabkan keributan sehingga pasukan AS melepaskan tembakan ke udara untuk memulihkan ketertiban dan memutuskan semua penerbangan komersial dibatalkan.

"Saya merasa sangat takut di sini. Mereka melepaskan banyak tembakan ke udara," kata saksi yang meminta untuk tidak disebutkan namanya jika itu membahayakan peluangnya untuk pergi.

Amerika Serikat mengatakan telah mengevakuasi seluruh staf kedutaannya ke bandara, tetapi mereka dipisahkan dari mereka yang tidak memiliki izin untuk bepergian.

Video lain yang diposting di media sosial juga menunjukkan adegan putus asa dari orang-orang yang berjuang untuk menjejalkan ke bagian belakang pesawat kargo.

Di luar bandara, suasana tenang menyelimuti Kabul saat gerilyawan Taliban bersenjata berpatroli di jalan-jalan dan mendirikan pos pemeriksaan.

Baca Juga: Turki Akan Kerahkan Segala Upaya Demi Stabilitas Afghanistan yang Kini Dikendalikan Taliban



Sumber : Straits Times/France24


BERITA LAINNYA



Close Ads x