> >

Amazon Beli MGM Studios Rp120, 7 T untuk Hadapi Gempuran Netflix, HBO Max, dan Disney+

Kompas dunia | 27 Mei 2021, 12:22 WIB
Logo Amazon. (Sumber: AP Photo / Steven Senne)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Amazon Inc. membeli salah satu studio film besar di Hollywood, MGM Studios. Amazon menggelontorkan dana sebesar 8,45 miliar dollar AS atau sekitar Rp 120,7 triliun.

Mengutip dari Variety (27/05/2021), langkah Amazon ini merupakan strategi untuk menambah konten film dan tayangan lainnya di streaming. Lantaran banyak pesaing baru bermunculan seperti HBO Max dan Disney+. Serta tentu saja pesaing terbesarnya, Netflix.

Amazon juga ingin memanfaatkan peluang untuk mengambil keuntungan dari franchise film James Bond dan Rocky yang kemungkinan akan terus dibuat versi terbarunya.

Setelah membeli MGM Studios, Amazon berharap bisa menawarkan lebih banyak konten kepada para pelanggan barunya yang sebanyak 200 juta orang. Amazon ingin agar pelanggan tetap setia menggunakan layanannya, termasuk untuk belanja online karena pesaingnya, Walmart, telah meluncurkan toko online yang lebih canggih.

Baca Juga: Pesan Obat Kumur di Amazon, Pria Ini Malah Dapat Ponsel Seri Terbaru Xiaomi

"Nilai finansial sebenarnya di balik kesepakatan ini adalah harta karun berupa isi katalog film dan acara TV MGM yang rencananya akan kami tata ulang dan kembangkan bersama dengan tim berbakat MGM," kata VP senior dari Prime Video dan Amazon Studios, Mike Hopkins.

Sementara bagi MGM, akuisisi oleh Amazon menjadi akhir dari era pasang surut kinerjanya selama dimiliki oleh perusahan hedge fund atau manajer investasi. MGM yang sempat mengalami kebangkrutan karena banyaknya utang, diselamatkan oleh kelompok hedge fund pada 2010.

Perusahaan investasi Anchorage Capital Group LLC menjadi pemilik saham terbesar MGM sejak 1 dekade lalu, sebagai perjanjian untuk menghapus utang MGM sekitar 4 miliar dollar AS.

Tahun lalu, pendapatan kotor MGM naik 48 persen dibanding 2019, menjadi sebesar 307 juta dollar AS.

Baca Juga: Amazon Menang Banding Kasus Tunggakan Pajak Rp4,3 T

Penulis : Dina Karina Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV


TERBARU