Kompas TV internasional kompas dunia

Amazon Menang Banding Kasus Tunggakan Pajak Rp4,3 T

Kamis, 13 Mei 2021 | 12:00 WIB
amazon-menang-banding-kasus-tunggakan-pajak-rp4-3-t
Ilustrasi kantor Amazon. (Sumber: Kompas.com)

BRUSSELS, KOMPAS.TV - Amazon memenangkan bandingnya terhadap Komisi Uni Eropa (UE), terkait tunggakan pajak senilai 303 juta dollar AS (Rp 4,3 triliun, kurs Rp 14.200) ke Luksemburg.

Mengutip CNBC, Pengadilan Uni Eropa menilai Badan Eksekutif UE gagal membuktikan ada keuntungan pajak ilegal yang diberikan kepada Amazon oleh Luksemburg. Selama ini Luksemburg menjadi markas anak perusahaan Amazon untuk kawasan Eropa.

Komisi UE mengatakan, pada 2017 Luksemburg telah memberikan keuntungan pajak yang tidak semestinya kepada Amazon.

Yaitu dengan diizinkan membayar pajak 4 kali lebih sedikit daripada perusahaan lokal lainnya yang tunduk pada aturan nasional yang sama. Namun, Amazon membantah penilaian itu.

Baca Juga: Setelah Umumkan akan Mundur, Jeff Bezos Jual Saham Amazon Rp29 Triliun

"Kami menyambut baik keputusan Pengadilan, yang sejalan dengan posisi lama kami bahwa kami mengikuti semua hukum yang berlaku dan bahwa Amazon tidak menerima perlakuan khusus," kata juru bicara Amazon kepada CNBC, dikutip Kamis (13/05/2021).

Sementara Ketua persaingan usaha Uni Eropa Margrethe Vestager mengatakan, akan mempelajari putusan Pengadilan UE untuk menyiapkan langkah selanjutnya.

Penulis : Dina Karina | Editor : Fadhilah





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
04:46
INGGRIS HANTAM KROASIA LEWAT GOL TUNGGAL STERLING PADA MENIT KE-57 DI PERTANDINGAN GRUP D PIALA EROPA 2020   SEBUAH MOBIL SUV PECAH BAN DAN TABRAK 3 MOTOR DI GUNUNG KIDUL, YOGYAKARTA, SATU ORANG TEWAS   POLISI SITA BARANG BUKTI GANJA DARI MUSISI ANJI SAAT DITANGKAP DI KAWASAN CIBUBUR, JAKARTA TIMUR   CEGAH PUNGLI, KAPOLRES PELABUHAN TANJUNG PRIOK MINTA PERUSAHAAN PENYELENGGARA JASA PELABUHAN PERKETAT PENGAWASAN   POLRES JAKARTA UTARA TAMBAH 90 PERSONEL DI PELABUHAN TANJUNG PRIOK UNTUK PATROLI DI WILAYAH RAWAN SAAT JAM SIBUK   DISHUB DKI JAKARTA PASTIKAN UJI COBA JALAN LAYANG NON-TOL UNTUK LINTASAN PESEPEDA “ROAD BIKE” BERLANJUT   SEJUMLAH WARGA JABODETABEK AJUKAN GUGATAN GANTI RUGI KEPADA MANTAN MENSOS JULIARI BATUBARA TERKAIT KORUPSI BANSOS   WAKIL BUPATI GARUT HELMI BUDIMAN SEBUT KASUS COVID-19 TEMBUS ANGKA 200 DALAM DUA HARI TERAKHIR   PEMERINTAH PARIGI MOUTONG, SULAWESI TENGAH SEBUT TANAMAN JAGUNG MASIH JADI KOMODITAS PRIORITAS PANGAN   PEMERINTAH AKAN BUKA GEDUNG TOWER 8 WISMA ATLET UNTUK TAMPUNG PASIEN COVID-19 TANPA GEJALA   KEPALA BNPB: PEMERINTAH AKAN TINGKATKAN JUMLAH “TRACING” DAN “TREATMENT” SEBAGAI STRATEGI KENDALIKAN PANDEMI   MENKES BUDI GUNADI SADIKIN SEBUT COVID-19 VARIAN INDIA MASUK MELALUI PEKERJA MIGRAN YANG KEMBALI LEWAT PELABUHAN   MENTERI LHK SITI NURBAYA HARAP REHABILITASI HUTAN DAN LAHAN DI DANAU TOBA DAPAT TINGKATKAN KUALITAS LINGKUNGAN   MENTERI BUMN ERICK THOHIR APRESIASI KEHADIRAN PERTASHOP YANG SALURKAN BBM DI PERDESAAN