> >

Bantu Pembangunan dan Ekonomi Palestina, Amerika Serikat Janji Beri Rp 1 Triliun

Kompas dunia | 26 Mei 2021, 20:36 WIB
Pertemuan pertama Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken (kiri) dan Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas (kanan) menyusul gencatan senjata Israel-Hamas, pada Selasa (25/5/2021). (Sumber: Kompas.com)

RAMALLAH, KOMPAS.TV - Amerika Serikat (AS) berjanji memberikan bantuan 75 juta dolar AS atau setara Rp 1 triliun untuk Palestina.

Dana tersebut dimaksudkan untuk membantu pembangunan dan ekonomi Palestina setelah terjadi bentrokan selama 11 hari dengan Israel di Jalur Gaza,

Janji dana bantuan tersebut disampaikan secara langsung oleh Antony Blinken, menteri luar negeri AS, dalam konferensi pers bersama Mahmoud Abbas, Presiden Otoritas Palestina di Ramallah, Tepi Barat, Selasa (25/05/2021) kemarin.

"Kami akan memberitahu kongres tentang niat kami untuk memberikan 75 juta dollar AS untuk menambah bantuan pembangunan dan ekonomi Palestina 2021," ujar Blinken dalam jumpa pers.

Baca Juga: Kecam Penjajahan Israel, Massa di Banjarmasin Tuntut Kemerdekaan Palestina

Seperti diberitakan Kompas.com, dalam janjinya AS akan memberikan 5,5 juta dolar AS atau sekitar Rp 78,8 miliar untuk "bantuan bencana segera" kepada Gaza dan sekitar 32 juta dolar atau sekitar Rp 458,3 miliar yang akan disalurkan kepada badan PBB untuk pengungsi Palestina (UNRWA).

Langkah ini coba dilakukan AS untuk berusaha membangun perjanjian gencatan senjata yang mengurangi eskalasi kekerasan yang terjadi sejak 10 Mei 2021 kemarin.

Seperti diberitakan sebelumnya, serangan Israel di Gaza menewaskan sedikitnya 248 warga Palestina, termasuk 66 anak-anak, dan melukai hampir 2.000 lainnya.

Baca Juga: Usai Temui PM Israel dan Presiden Palestina, Menlu AS: Pembangunan Gaza untuk Lemahkan Hamas

Sedangkan, di Israel sedikitnya 12 orang tewas, termasuk 2 anak oleh roket yang ditembakkan oleh Hamas dan kelompok bersenjata lainnya dari Gaza.

Penulis : Danang Suryo Editor : Fadhilah

Sumber : Kompas TV


TERBARU